Pentingnya Membuat Anggaran Dasar Fashion Brand | Breaktime

KONSULTASI FASHION

ISFA

Creative & Academic Development Director

Pentingnya Membuat Anggaran Dasar Fashion Brand
by ISFA
31.07.2016

Nah, menyambung artikel sebelumnya nih B’timers, tentang dilangsungkannya acara Fashoin Sharing SFA yang seru dan memberikan banyak wawasan.

Di awal saja, para peserta Fashion Sharing terdiam saat acara Fashion Sharing dibuka dengan pernyataan, “Di Indonesia, kebanyakan 'fashion designer' merangkap sekaligus bertanggung jawab mengelola keuangan. Sementara di luar negeri, para designer memiliki tim untuk berbagi-bagi tugas agar brand mereka terjaga keberlangsungannya.”

Hal tersebut dikatakan oleh Ami Wirabudi, fashion consultant yang menjadi moderator acara Fashion Sharing. Event sharing ini berlangsung di Spark Fashion Academy, Dharmawangsa 6 No. 25, Jakarta Selatan. 

Di sisi lain, Dana Maulana, Creative Director brand Danjiyo Hiyoji berbagi cerita tentang awal dari brand yang dia kelola bersama teman-temannya. Sedikit beda, mereka sama sekali tidak memikirkan masalah keuangan, namun justru sibuk membuat design koleksi mereka.

Pentingnya Membuat Anggaran Dasar Fashion Brand | Breaktime
Antusiasme peserta yang hadir memenuhi tempat duduk

Tidak ada pembagian tugas mengenai siapa yang mengerjakan produksi dan pemasaran. Baru setelah brand Daniyo Hiyoji dikenal orang, pembagian tugas pun dilakukan agar brand tetap bertahan. Wah, cara yang menginspirasi juga ya, B’timers?

Sementara itu Erika Jimena Arilyn, S.E. MM, Financial dan Management Expert mengingatkan para peserta untuk menyertakan perkiraan semua biaya produksi dalam budget yang disusun, agar tak ada yang terlewatkan.

Fashion Sharing yang berlangsung untuk pertama kalinya ini mengambil tema 'Fashion, Money dan Profit' dan direncanakan akan berlangsung dua bulanan. Terkait dengan tema fashion sharing kali ini, CEO Spark Fashion Academy, Floery Dwi Mustika mengatakan bahwa para designer penting untuk memikirkan realita bisnis dan keuangan jika ingin terjun ke industri fashion.

Jadi B’timers, persiapan anggaran produksi fashion merupakan hal yang penting namun jarang dibicarakan malah seringkali dilupakan. Melalui Fashion Sharing ini, Spark Fashion Academy berharap para peserta dapat memahami pentingnya membuat anggaran yang baik, terutama anggaran dasar agar brand fashion yang dimiliki tetap eksis. (isfa)

Share This Article