Pakai Sepatu Baru Tanpa Lecet, Ada Caranya! | Breaktime
Pakai Sepatu Baru Tanpa Lecet, Ada Caranya!
03.12.2015

Saat memakai sepatu baru, tak jarang kaki akan lecet karena bentuk sepatu yang masih kaku. Nah, agar hal ini tak terjadi, Anda bisa meregangkan sepatu baru Anda. Caranya pun cukup mudah dan efektif.

Gunakan sepatu Anda di rumah

Sebelum memakai sepatu untuk keluar rumah atau hangout, Anda bisa menggunakan sepatu Anda di dalam rumah selama beberapa hari. Gunakan sepatu untuk beraktivitas dan lepaskan ketika kaki mulai capek. Hanya dalam beberapa hari saja, sepatu baru Anda akan nyaman digunakan tanpa membuat lecet.

Manfaatkan hairdryer

Hairdryer atau pengering rambut bisa Anda gunakan untuk meregangkan sepatu. Caranya, gunakan kaus kaki tebal, kemudian masukkan kaki Anda kedalam sepatu, rasakan daerah yang sempit. Selanjutnya tekuk-tekuk kaki Anda, kemudian arahkan hairdryer pada bagian luar sepatu. Ulangi beberapa kali hingga sepatu terasa nyaman.

Gunakan kaus kaki

Anda tentu memiliki beberapa kaus kaki yang tak terpakai di rumah, gunakan kaus kaki ini untuk meregangkan sepatu Anda. Caranya, gulung kaus kaki atau bentuk menjadi bola-bola kecil, kemudian masukkan ke dalam bagian sepatu. Semakin banyak kaus kaki yang Anda gunakan, peregangan akan semakin cepat.

Metode kantung air

Wadahi air dalam kantung plastik atau balon, serta pastikan tidak ada kebocoran. Kemudian masukkan kantung air ini kedalam sepatu Anda. Pastikan seluruh bagian sepatu terisi kantung air. Selanjutnya, masukkan sepatu ke dalam kulkas sampai membeku atau semalaman. Setelah membeku, singkirkan kantung air dari sepatu, biarkan sepatu mencair selama 20 menit, kemudian coba sepatu Anda.

Pakai Sepatu Baru Tanpa Lecet, Ada Caranya! | Breaktime
Pilihlah sepatu yang pas di kaki ketika membelinya

Metode koran basah

Untuk mencoba metode ini, Anda dapat memanfaatkan koran atau kaus kaki basah. Caranya, basahi koran dengan air, peras hingga tak ada air menetes, kemudian sumpalkan koran kedalam sepatu Anda. Biarkan hingga mengering.

Gunakan Alkohol

Masukkan alkohol kedalam botol spray dengan campuran 50 persen alkohol dan 50 persen air. Semprot bagian dalam sepatu dengan cairan tersebut, kemudian gunakan sepatu selama 20 menit. Anda juga dapat langsung menggosokkan alkohol pada bagian yang Anda rasa sempit.

Selain cara-cara di atas, sebaiknya pilihlah sepatu yang pas di kaki Anda ketika membeli. Jika tidak ada, setidaknya pilihlah sepatu yang tidak butuh terlalu banyak peregangan dan nyaman digunakan.

Sepatu yang sesuai dengan kaki Anda akan membuat kaki nyaman saat memakainya, tanpa mengalami lecet. Selamat mencoba, B’timers. (dfr)

Share This Article