Musa Widyatmodjo: Sosok Coco Chanel Indonesia | Breaktime

KONSULTASI FASHION

Sparks Fashion Academy

Creative & Academic Development Director

Musa Widyatmodjo: Sosok Coco Chanel Indonesia
11.11.2017

Setelah minggu lalu Breaktime membahas tuntas tentang sosok Floery Dwi Mustika yang merupakan CEO dari SPARKS Fashion Academy, kini giliran Musa Widyatmodjo, B.Sc. Ia juga merupakan sosok penting dalam kesuksesan SPARKS Fashion Academy dalam menciptakan desainer muda Indonesia berbakat. Ia menjadi Creative and Academic Development Director dalam sekolah fashion ini. Musa Widyatmodjo telah malang-melintang di dunia mode Indonesia.

Pria lulusan Drexel University, Philadelphia, Amerika Serikat ini memang menggeluti Fashion Design sejak sekolah. Ia terkenal dengan filosofinya yang berbunyi “Fashion bukan hanya untuk dikagumi, tetapi juga harus pantas untuk dipakai”. Musa telah meluncurkan tiga label miliknya yaitu Musa Widyatmodjo (Globaling Heritage), M by Musa, dan Musa Co.

Tak hanya memiliki kedudukan penting di SPARKS Fashion Academy, Musa juga seorang Advisor di Jakarta Fashion and Food Festival sebagai Artistic and Event Development Director dan juga advisory board di Indonesia Fashion Week serta mendukung Jakarta Fashion Week. Meskipun Musa sangat sibuk dengan segudang kegiatannya di industri fashion, ia tetap memiliki semangat untuk berbagi pengalaman dan pengetahuannya melalui pendidikan mode.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tory Sport: Bangkitkan Trend Color-Blocked

Di tahun 2016, Musa begitu gemilang memberikan wejangan di Indonesia Fashion Week. Ia selalu bersemangat memberikan pendidikan dan pengetahuannya tentang fashion ke masyarakat melalui pekan mode tersebut. Di bulan April lalu saja, ia menuangkan ilmunya dalam koleksi bertema Kartini, baik untuk pria maupun wanita. Ia menunjukkan sudut pandangnya tentang Kartini melalui busana. Itu ia tampilkan di acara Jakarta Fashion & Food Festival.

Dan baru-baru ini, Musa mengeluarkan Special Tribute Award untuk merayakan 25 tahun perjalanan karirnya demi memajukan industri fashion Tanah Air. Ia pun mengungkapkan bahwa butuh banyak waktu untuk menjadi perancang busana. Untuk sampai di tahap ini, ia butuh kreativitas, kerja keras, manajemen bisnis, dan jaringan yang harus bisa berjalan seiring. Setelah kembali dari Amerika Serikat, ia sempat melamar ke seorang perancang terkenal di ibukota, namun ditolak. Sampai akhirnya ia membuat label M by Musa bersama dengan temannya Yogi Soegyono. Sang perancang memulai karirnya sejak tahun 1991.

Musa Widyatmodjo: Sosok Coco Chanel Indonesia | Breaktime
Musa Widyatmodjo, the next Coco Chanel
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Keceriaan Berhijab Nan Anggun Khas Perempuan

Klien pertama mereka adalah saudara-saudara mereka sendiri. Tekadnya yang ingin memperluas jaringan, akhirnya Musa bergabung dengan Indonesian Fashion Designers and Fashion Entrepreneurs Association (APPMI). Sampai akhirnya di tahun 1999 ia diangkat menjadi ketua organisasi tersebut. Selama menjabat sebagai ketua, Musa melatih pada perancang muda untuk bekerja sama dengan pengrajin tekstil demi mengembangkan dua hal, yaitu teknik dan desain.

Musa pun bersama dengan dua temannya, Amy Wirabudi dan Vadiel Mekha Azzuri telah mendirikan konsultan bisnis dalam bidang fashion bernama The Next Stop. Ia bercita-cita ingin menjadi the next Coco Chanel. Musa mengatakan, Chanel adalah sosok yang tak menyia-nyiakan hidupnya. Sampai ketika ia meninggal dunia, warisannya adalah kesuksesannya di industri mode untuk negaranya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menambah Elegansi Wanita Dengan Jumpsuit Panjang

Beberapa kunci utama untuk terus mengejar mimpinya adalah dengan tetap fokus menjalankan usaha dengan sepenuh hati setelah menentukan jenis usaha yang akan dijalankan, bekerja dengan team work, memilih dan terus mengembangkan karakter seperti busana muslimah, etnik sportif, atau detail, tidak mudah terpengaruh dengan tren, dan yang terakhir adalah selalu memiliki ide baru dengan banyak melakukan riset serta turun langsung ke daerah bertemu dengan pengrajin.

Jika B’timers melakukan tips sukses di industri fashion aLa Musa Widyatmodjo, dijamin nasib Anda juga mungkin akan seperti sang perancang yang kini telah berusia kepala lima. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE