Membedah Industri Mode Bersama Imelda Sparks Fashion Academy | Breaktime

KONSULTASI FASHION

ISFA

Creative & Academic Development Director

Membedah Industri Mode Bersama Imelda Sparks Fashion Academy
by ISFA
14.09.2015

Dunia fashion di Indonesia terus berkembang seiring dengan perkembangan fashion di mancanegara. Beberapa desainer muda pun bermunculan seiring dengan pesatnya industri mode. Beberapa dari mereka di antaranya pernah mengenyam pendidikan formal sesuai bidangnya, yakni desainer. Namun tidak sedikit pula desainer yang sukses secara otodidak.

Tidak dapat dipungkiri, beberapa dari mereka otodidak dan tidak memiliki kesempatan untuk belajar di lingkungan sekolah formal tetapi belajar langsung di sekolah informal dengan belajar langsung di lapangan secara nyata. Namun untuk belajar bagaimana mengelola bisnis dan desain fashion, memang tidak sepenuhnya bias dipelajari secara otodidak saja.

Mengingat akan hal itu, Imelda Sparks Fashion Academy (ISFA) membuka berbagai kelas program bagi para siswa yang ingin belajar serius mengenai mode dan fashion. Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-2, ISFA  menggelar Workshop dan Talk Shows dengan tema ‘Sparks Essentia’, di Jakarta pada 11-12 September lalu.

Kegiatan workshop ISFA Spark Essentia
Kegiatan workshop ISFA Spark Essentia

Workshop dan talk show ini memberikan pembekalan, ilmu dan pengetahuan mengenai industri fashion dan mode. Semua kita bahas disini,” kata Floery Dwi Mustika, Executive Director ISFA saat berbincang dengan Breaktime di sela-sela acara, di Hotel 101 Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Dalam hal pendidikan, sekolah fashion ISFA ini berusaha memberikan program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan para siswanya. Di sana para siswa ISFA tidak hanya diajarkan ilmu mengenai bagaimana membuat pola dasar, menjahit, membuat rancangan hingga menjadi sebuah produk. Namun ISFA juga memberikan bekal dan pengetahuan mengenai bagaimana selanjutnya mengembangkan bisnis dalam industri fashion.

"Meski baru dua tahun, kami ingin membawa siswa untuk lebih mengenal industri fashion. Karena menjadi desainer itu tidak mudah. Berbekal ilmu dari sekolah mode saja tidak cukup, karena itu kami pun mengajarkan mereka tentang bisnis dan berbagi pengalaman langsung dengan para senior,” papar Floery.

Talkshow ISFA Spark Essentia
Talkshow ISFA Spark Essentia

Perlu diketahui, ISFA merupakan satu-satunya sekolah fashion di Asia yang sudah menggunakan metode telestial AB. Hal itulah yang menjadi keunggulan sekolah fashion ini dibandingkan dengan yang sudah ada selama ini.

Selain itu, ISFA juga memberikan mentoring dan bimbingan karier sesuai bakat dan minat siswa. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan talenta perancang yang siap terjun dalam industri fashion.

 “ISFA banyak memberikan trial, bagaimana mengembangkan produk menjadi industri fashion, Membantu menyiapkan anak-anak kita dalam merintis karir, ” demikian papar Floery.

Share This Article