Tips Mudah Belanja Online Aman dan Nyaman | Breaktime
Mau Belanja Online Aman dan Nyaman? Ini Tipsnya!
07.07.2015

Kini di zaman yang serba cepat, teknologi berkembang semakin pesat. Segala hal yang berbau “tradisional” terus digeser dengan berbagai kemudahan yang bisa B’timers dapatkan secara online. Dan salah satu yang paling booming adalah jual beli online di mana penjual tak harus bertemu dengan pembeli. Tersedianya ratusan bahkan ribuan toko online justru membuat Anda harus pintar-pintar menyeleksi. Nah, Breaktime beri tips belanja online agar tetap aman dan nyaman:

Jangan berbelanja di sebuah website jika Anda tidak nyaman

Jika Anda merasa website itu tidak aman, mungkin Anda benar. Salah ejaan, permintaan informasi pribadi yang terlalu privat, serta logo dan foto dengan resolusi rendah bisa jadi tanda-tandanya.

Jangan mengeklik link dari spam email untuk membeli barang

Ini bisa jadi sangat berbahaya untuk Anda. Jangan pernah tergiur dengan iklan dan promosi yang menawarkan barang lewat email, apalagi membeli barang dari link tersebut.

Periksa apakah website itu aman

Ada baiknya Anda mengandalkan program antivirus yang ter-install di komputer untuk langsung mendeteksi jika sebuah website berbahaya untuk diakses.

Gunakan kartu kredit untuk pembayaran online

Untuk pilihan yang lebih aman, Anda bisa menggunakan kartu kredit sekali pakai yang memuat nomor acak untuk satu kali transaksi. Anda juga bisa memanfaatkan payment service seperti PayPal.

Gunakan komputer rumah dan pastikan koneksi internet aman untuk belanja online
Gunakan komputer rumah dan pastikan koneksi internet aman untuk belanja online

Hindari menggunakan public computer untuk belanja online

Komputer bisa menyimpan informasi yang Anda akses di sana. Ini berbahaya sebab orang lain dapat mengakses informasi login Anda yang belum terhapus di komputer.

Gunakan koneksi yang benar-benar aman saat Anda memesan barang

Jangan pernah menggunakan jaringan wireless yang tak aman saat belanja online sebab para hacker bisa dengan mudah meretas informasi pribadi Anda.

Gunakan password yang kuat

Pilihlah password yang rumit namun mudah untuk Anda ingat sendiri. Akan lebih baik menggunakan kombinasi huruf, angka dan simbol untuk password.

Well, belanja online memang jauh lebih praktis dan menghemat waktu, namun tetaplah hati-hati agar B’timers tak sampai rugi karena tka mencermati keamanan berbelanja, ya. Happy shopping!

Share This Article