Making Money from Fashion? It’s Possible! | Breaktime
Making Money Fashion? It’s Possible!
31.03.2016

Bagi Para Fashionista Jakarta, event Indonesia Fashion Week (IFW) 2016, yang  telah digelar pada awal Maret ini, merupakan hajatan mode terbesar di Indonesia.

Event tahunan kelima tersebut kali ini menyuguhkan serangkaian pekan mode yang dikemas lebih menarik dari sebelumnya. Untuk para pebisnis fashion dan penggemar mode, event ini pun menjadi hal yang sangat positif dan menguntungkan.

Indonesia adalah negara yang penuh dengan orang yang sangat kreatif. Termasuk industri fashion-nya, dengan datangnya era perdagangan bebas saat ini, kemajuan industri kreatif dan fashion di Indonesia, tentunya akan berefek positif terhadap perekonomian Indonesia. Apalagi kalau sampai menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

IFW kali ini diikuti oleh lebih dari 400 brand dengan lebih dari 10.000 outfits, serta 30 lebih fashion show dengan total outfit lebih dari 1.700. Outfit-outfit dari sejumlah desainer Indonesia diperagakan di sana.

Dengan perputaran uang yang cukup besar di event ini, tentunya memberikan dampak baik untuk industri kecil Indonesia, dan secara tidak langsung akan menggerakkan perekonomian negeri ini. Melihat para pebisnis fashion lokal yang ikut serta dalam kemeriahan acara tersebut, tentunya B’timers pun bisa turut bangga. 

Making Money from Fashion? It’s Possible! | Breaktime
Make Over turut menampilkan koleksi busana di IFW 2016

Banyak desainer yang ikut serta dalam pagelaran tersebut, dan perjuangan mereka berbisnis fashion dengan mengusung brand lokal memang tidaklah mudah. Ditambah lagi, mereka harus bertempur di tengah serbuan brand-brand internasional yang masuk Indonesia dengan harga bersaing.

Akan tetapi, mereka tidak putus asa, dan tetap mencari cara agar bisa bersaing dengan jujur dan fair dengan brand-brand lain. Nah, jika B’timers ingin sukses berbisnis fashion, ini strateginya:

1 Building Brand Image

Di tengah kepungan brand luar negeri yang harganya murah, seringkali orang lebih memilih brand luar negeri. Jika bersaing harga, tentu brand Indonesia kalah dibandingkan luar negeri. Industri kecil menengah belum bisa memproduksi barang dengan sangat banyak, sehingga biaya per potong bajunya pun menjadi mahal, harganya pun seringkali lebih mahal dibandingkan brand-brand internasional.

Jika B’timers ingin menang bersaing dalam harga, yang harus diperbaiki adalah kualitas produk, keunikan model serta branding-nya. Sehingga, pembeli tidak terpatok dan membandingkan produk dengan harga.

2 Konsisten

Bila sudah menentukan brand serta membidik target market Anda, cobalah konsisten dalam membangun brand image. Setiap kali ingin membuat busana, memilih model, memilih style foto, menentukan harga sampai dengan membuat penataan booth pameran, usahakan selalu in-line dengan brand-nya. 

Making Money from Fashion? It’s Possible! | Breaktime
Gaya busana hijab Tropical Garden di IFW 2016

3 Manfaatkan komunitas

Manfaatkan komunitas baik online maupun offline, karena dukungan setia merekalah sebuah brand bisa tetap eksis. Adakan special discount khusus untuk member di toko Anda, atau adakan acara-acara menarik yang bermanfaat untuk para pelanggan.

Anda juga bisa memberikan free gift secara rutin pada follower Instagram anda yang memang membeli produk fashion Anda. Ini merupakan salah satu cara kreatif untuk meningkatkan brand Anda yang secara langsung akan menaikkan angka penjualan.

4 Pilih pameran atau event yang cocok untuk berjualan dan promosi

Bila semua sudah dilakukan, langkah berikutnya adalah mencari pameran yang sesuai dan cocok untuk memperkenalkan brand Anda, sekaligus untuk berjualan. Seperti event IFW misalnya, Anda bisa all-out ketika mengikuti pameran, serta memperhatikan detail design booth, karena itu merupakan hal penting dalam mengikuti event pameran.

Atur display agar menarik dan layani customer dengan ramah dan cerdas. Jangan lupa siapkan buku tamu agar bisa mem-follow up pelanggan ataupun customer baru yang datang.

5 Jangan pernah menyerah

Seperti layaknya bisnis, akan ada banyak ups and downs yang dihadapi. Persaingan memang takkan pernah berjalan mudah. But, it helps us grow. Jadi, jangan pernah menyerah dan jelilah dalam menangkap peluang. (fa)

Making Money from Fashion? It’s Possible! | Breaktime
Fauziah Arsiyanti SE.MM.ChFC

Fauziah Arsiyanti SE.MM.ChFC

Financial and Small Medium Business Consultant
PT.Fahima Advisory
www.fahimaadvisory.com
ig: moneyology

Share This Article

Tagging: