Langkah Awal Fashion Entrepreneur Lewat Contessa | Breaktime

KONSULTASI FASHION

ISFA

Creative & Academic Development Director

Langkah Awal Fashion Entrepreneur Lewat Contessa
by ISFA
24.01.2017

Sebagai salah satu akademi fashion terdepan di tanah air, Sparks Fashion Academy memotivasi semua lulusannya untuk menjadi "Fashion Entrepreneur”. Di mana mereka semua bisa memahami tentang seluk-beluk industri fashion. “Materi tidak hanya di kelas saja. Misalnya, kita bawa murid  untuk mengunjungi pabrik kain, pabrik ristleting agar familar berhubungan dengan vendor di dunia fashion,” tutur CEO Sparks Fashion Academy, Floery Dwi Mustika

Selain itu, untuk bisa memperkenalkan koleksi baju rancangan kreasi mereka, para desainer ini juga juga harus berani bertemu dengan pasar atau market yang menjadi tujuan mereka. Dan, salah satu caranya adalah lewat fashion show alias peragaan busana.  “Bagi lulusan Sparks Academy Fashion diwajibkan untuk mengikuti fashion show sebagai ajang show-chasing, branding dan networking,” jelas Imha Ong, salah satu dosen Sparks Fashion Academy.

“Para lulusan yang akan ikut fashion show dibekali dengan pengetahuan terkait fashion show manajemen mulai dari penyiapan back stage, pemilihan lagu, koreografi, fitting baju, pemilihan model, make up dan hair style. Detail-detail seperti ini, mereka perlu tahu selain juga belajar membuat karya fashion,” tambah Imha.

Langkah Awal Fashion Entrepreneur Lewat Contessa | Breaktime
Para desainer yang telah menuangkan kreativitas dan ketulusan pada rancangannya

Contessa sendiri merupakan sebuah ajang fashion show yang diselenggarakan oleh Sparks Fashion Academy bagi para lulusannya dan diikuti oleh tujuh disainer angkatan 2014-2016. Deretan nama desainer ini adalah Amelia Eka Lestari, Anne Dasa Fitri, Bianca Carmelita, Rizky Aditya R, Aquilla, Satya RG dan Desyella Wiguna.

Amelia Eka Lestari, lulusan 2014 dari Sparks Fashion Academy sekaligus pemilik label 'Caramels', mengatakan tentang konsep yang diusungnya di fashion show kali ini. Ia terinspirasi untuk bermain pada detail yang tidak lepas dari ciri khas 'Caramels', yaitu simple cutting. Untuk fashion show ketiganya ini, ia menggunakan bahan premium dan spesial. Desainer yang berdomisili di Semarang dan menjalankan bisnis fashionnya via online ini mengatakan, bahwa ia mencoba membuat long dress dalam koleksinya.

Lain lagi dengan Desyella Wiguna, lulusan 2016, yang mempersiapkan fashion pertamanya kali ini. Desyella sudah melakukan riset selama 1,5 bulan untuk mengetahui detail terkait dengan tema 'Glamour Oriental Gatsby', sehingga muncul ide dengan paduan warna merah-gold dan rumbai di setiap koleksinya. 

Seluruh koleksi mereka, bersama lima desainer lainnya diperagakan pada acara fashion show dengan tajuk “Contessa”. Kolaborasi ini merupakan hasil kerja sama Sparks Fashion Academy dan Emporium Mall Pluit, yang telah diselenggarakan pada hari Minggu, tanggal 22 Januari 2017 kemarin.

Share This Article