Konsistensi Balmain Terhadap Estetika Klasik | Breaktime
Konsistensi Balmain Terhadap Estetika Klasik
19.05.2017

Berbicara tentang sebuah brand fashion mungkin memang tak akan ada habisnya. Salah satu yang telah cukup lama malang-melintang di dunia mode adalah Balmain. Ini adalah rumah mode asal Perancis yang didirikan oleh Pierre Balmain pada tahun 1946. Sang pendiri rumah mode ini, lahir pada tahun 1914 di Perancis. Ia adalah anak dari pasangan pebisnis gorden dan pemilik butik. Setelah kematian ayahnya pada tahun 1921, Balmain menghabiskan masa mudanya dengan lebih banyak bekerja. Ia sempat berada di Ecole des Beaux-Arts selama satu tahun pada 1933-1934 untuk mempelajari arsitektur.

Meski Balmain sempat bersekolah arsitek, akhirnya ia juga menghabiskan waktu luangnya untuk mendesain gaun. Di akhir tahun 30an, Balmain bekerja di angkatan udara Perancis. Setelah perdamaian, ia pun beralih untuk bekerja di Lucien Lelong dan membukan rumah mode sendiri. Tepat di tahun 1945, Balmain merilis koleksi pertamanya dan pada tahun 1949, Balmain sampai pada puncak ketenaran hingga saat ini.

Konsistensi Balmain Terhadap Estetika Klasik | Breaktime
Pierre Balmain
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
T by Alexander Wang: Ekspresi Sederhana Nan Sexy

Selesai perang dunia II, Pierre Balmain sempat dijuluki sebagai A King of French Fashion. Hal ini karena Balmain seringkali merancang untuk bintang-bintang besar pada masanya seperti Ruth Ford, Ava Gardner, dan Brigitte Bardot.

Sayangnya pada tahun 1982 Balmain meninggal dunia dan kepemimpinannya ia wariskan pada tangan kanannya sendiri, yaitu Erik Mortensen. Erik telah bekerja sebagai asisten Balmain sejak tahun 1951. Namun, Erik pergi pada tahun 1990 dan digantikan oleh Herve Pierre. Namun, perancang yang paling berpengaruh sepeninggal Balmain adalah Oscar de la Renta yang memimpin rumah mode ini sejak 1993 – 2002. 

Konsistensi Balmain Terhadap Estetika Klasik | Breaktime
Koleksi terbaru dari Balmain karya Olivier Rousteing untuk Spring 2017
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Koleksi Baru Saint Laurent Mengangkat Jiwa 80an

Sejak dulu, Balmain konsisten untuk mempertahankan semangat kreativitas yang progresif dalam industri fashion. Apalagi pada masa kepemimpinan De La Renta, ia begitu mirip dengan Balmain yang mampu masuk dalam estetika desain dengan mata yang detail dan siluet klasik. Rasanya ia merupakan reinkarnasi Balmain karena begitu cinta dengan desain sederhana daripada gaya yang penuh hias dan mencolok.

Setelah kepergian Oscar de la Renta, giliran Christophe Decarnin yang memegang kendali Balmain. Hanya saja, seleranya berbeda jauh dari sosok Balmain. Decarnin cenderung berkeras membawa merek ini ke abad 21. Ia lebih suka expensive prices, klasik, namun tetap mewah. Itulah yang bisa Anda lihat dari koleksi Balmain saat ini. Meski di tahun 2011, Decarnin digantikan posisinya oleh Olivier Rousteing. 

Konsistensi Balmain Terhadap Estetika Klasik | Breaktime
Koleksi terbaru dari Balmain karya Olivier Rousteing untuk Spring 2017
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kemewahan Tertuang Dalam Koleksi Baru Burberry

Di tahun ini, Olivier kembali hadir dengan koleksi ready-to-wear untuk spring 2017. Olivier menciptakan koleksi spring yang cenderung menunjukkan gaun body-con dan sexy. Olivier menampilkan potongan-potongan bodices yang menunjukkan bagian kulit para model di atas runway. Selain itu, koleksi Balmain terbaru ini juga memprofokasi perhatian seseorang ke bagian pinggul. Olivier mampu menunjukkan sulaman mewah dengan warna cerah yang soft. Desain Balmain musim ini sangat mudah dipakai, identik dengan gaun berpotongan panjang yang sexy, dan begitu santai serta ringan untuk dipakai saat musim semi.

Para perancang busana yang bekerja di balik Balmain selalu tahu apa yang dibutuhkan oleh para konsumennya. Berbagai tema telah mereka adaptasi untuk menciptakan karya terbaik demi terus membangun pertahanan salah satu rumah mode terbesar asal Perancis ini. Rasanya pantas jika Balmain dianggap sebagai brand yang classy, feminine, dan anti-mainstream. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE