Kisah di Balik Penggiat Model Gaun Batik Masa Kini l Breaktime
Kisah di Balik Penggiat Model Gaun Batik Masa Kini
06.08.2017

B’timers. Siapa yang tidak tahu batik? Tentu kita sebagai orang Indonesia pasti tahu kain khas nusantara ini. Sebagai warga Negara Indonesia, tentu kita harus bangga karena kain batik tidak hanya terkenal di dalam negeri, tetapi juga di mancanegara.  Bahkan salah satu member boyband asal korea selatan pun pernah tertangkap kamera sedang menggunakan baju batik di pada salah satu acara musik loh b’timers. Ada beberapa jenis kain batik yang harus B’timers tahu, diantaranya batik tulis, batik cap, dan batik print. Diantara ketiga jenis batik tersebut, batik tulis adalah batik yang paling mahal karena  proses pengerjaannya terbilang cukup lama.Batik tulis dibuat dengan cara dilukis menggunakan canting oleh seseorang yang memang sudah ahli dalam melukis batik.

BACA JUGA: http://breaktime.co.id/fashion/women-style/cara-memakai-hijab-panjang-ala-hoojab-kekinian.html

Dahulu, batik identik dengan orang tua dan biasanya hanya akan digunakan sebagai kemeja untuk digunakan saat acara resmi seperti pernikahan. Tetapi saat ini, kain batik juga santer digunakan sebagai dress atau gaun. Desainer-desainer tanah air kini berlomba-lomba menciptakan model gaun batik modern. Jadi anak muda khususnya kaum hawa dapat tampil stylish menggunakan batik.

Lihatlah betapa epic dan elegan gaun batik karya Edo Hutabarat
Lihatlah betapa epic dan elegan gaun batik karya Edo Hutabarat

Salah satu desainer Indonesia yang terkenal dengan karya batik modernnya adalah Edward  (Edo) Hutabarat. Saat merayakan 35 tahunnya di dunia fashion,  Edo menyelenggarakan acara Batik Journey Fashion show di Hotel Dharmawangsa dan menampilkan koleksi baju batik rancangannya. Dalam acara itu, edo berkolaborasi dengan beberapa pengusaha batik nusantara, salah satunya adalah dengan Nur Cahyo, pemilik usaha batik di Pekalongan, Jawa Tengah. Dalam kolaborasinya dengan Nur Cahyo, Ia menciptakan stripped lining dengan menggunakan teknik membatik.

BACA JUGA: http://breaktime.co.id/fashion/women-style/hal-hal-ini-pasti-pernah-dirasakan-mama-muda.html

Diakui Nur Cahyo itu merupakan hal baru untuknya. Mereka membutuhkan persiapan kurang lebih setahun karena semuanya adalah buatan tangan dan membutuhkan kesabaran. Model gaun batik berpotongan pendek atau short dress rancangan Edo rata-rata menggukan warna cerah dengan lengan pendek atau  tanpa lengan.

Beberapa short dress batik karyanya juga menggunakan ikat pinggang dari bahan kain batik dengan motif berbeda yang mempermanis tampilan. Edo juga menambahkan saku pada kedua sisi dress agar terlihat lebih kasual. Dalam runaway fashion show-nya,Edo menampilkan short dress rancangannya dengan  dipadukan dengan topi dan sandal yang meciptakan nuansa segar,energik, dan suasana musim panas dalam koleksinya.  Selain short dress, edo juga menciptakan long dress dengan bahan sutra dan satin dengan motif batik burung sawunggaling. 

Irma Lumiga ketika bersama para model di atas runway
Irma Lumiga ketika bersama para model di atas runway

Selain Edward Hubarat, desainer kenamaan Irma Lumiga juga berhasil menampilkan batik asal Banyuwangi yaitu Sekar Jagad di acara Fashion Week 2017 pada tanggal 4 Februari di Jakarta Convention Centre. Batik Banyuwangi memiliki berbagai  motif diantaranya berbentuk timbangan, gajah oling, bambu, ataupun pohon kelapa sawit. Setiap motif pada batik memiliki makna tersendiri, sebagai contoh motif gajah oling memiliki makna sebagai pengingat manusia kepada penciptanya. Untuk membuat karyanya, Irma Lumiga melakukan riset mengenai apa yang sedang tren di masyarakat saat ini.

BACA JUGA: http://breaktime.co.id/fashion/women-style/kekuatan-wanita-berkelas-terpancar-dari-ootd-ini.html

Irma juga berkolaborasi dengan  pengerajin batik asal Banyuwangi  dan dengan KOVS (pengerajin sepatu dan tas). Warna cerah batik banyuwangi dipadukan dengan warna hijau, merah, kuning, hitam dan emas terlihat mewah dan elegan. Salah satu model gaun batik karya Irma Lumiga yang begitu memukau adalah gaun panjang dengan warna dasar hitam dengan motif batik yang tidak begitu mendominasi pakaian. Dengan panjang lengan sebahu, dress tersebut tampak ketat di bagian atas dan lebar atau berbentuk  segitiga dibagian bawah.  



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE