Kiat Upgrade Penampilan agar Lebih Percaya Diri | Breaktime

KONSULTASI FASHION

ISFA

Creative & Academic Development Director

Kiat Upgrade Penampilan agar Lebih Percaya Diri
by ISFA
08.08.2015
Hai, saya mau bertanya, cara berpakaian seperti apa yang pantas untuk dipakai pada wanita yang badannya cukup besar agar terlihat lebih pede dan terlihat kurus? Terimakasih



Agatha Silvia Belinda (23), Malang

Saya sering mendengar banyak wanita berkata "Saya jadi minder kalau lihat artis atau model bisa tampil cantik, anggun dengan busananya berlenggak-lenggok". Atau seorang teman wanita saya pernah menggerutu “Males ah, jalan dengan Ibu A, habis selalu kalah set".

Baca juga: 5 Selebriti dalam Balutan Baby Doll Dress

Tapi tahu tidak B’timers, artis, public figure atau si Ibu A tadi pun punya ketidaksempurnaan, entah bentuk tubuh, suaranya atau hal lainnya. Lalu bagaimana mereka bisa tampil anggun dan penuh percaya diri? 

Cara berbusana kita adalah cerminan karakter dan ekspresi diri atau disebut style pribadi. Jadi, yang  terpenting untuk B’timers adalah membangun kepercayaan diri agar keunikan style pribadi makin menonjol, apapun kondisi dan situasinya! Kadang ada wanita yang penampilan fisiknya terlihat cantik, bentuk tubuhnya juga ideal, tapi justru rendah diri. Sangat disayangkan, bukan?

Coba tengok Adelle, penyanyi asal Amerika yang tetap tampil cantik dan percaya diri meski bentuk tubuhnya tergolong besar. Atau banyak juga kita temui di kehidupan sehari-hari, wanita bertubuh besar tampil sangat fashionable! Sebenarnya, cara membangun kepercayaan diri cukup sederhana, lho. B’timers hanya perlu menyadari bahwa kita diciptakan dengan keunikan dan kelebihan masing-masing yang berharga.

Baca juga: Padu Padan Tunik untuk Busana Kantor yang Cantik

Kiat Upgrade Penampilan agar Lebih Percaya Diri
Cintai diri sendiri

Setelah punya modal percaya diri, hal ke dua yang perlu dilakukan adalah jeli memilih busana yang cocok dengan bentuk tubuh, warna kulit, dan style pribadi.   Meski Silvi tidak memberi penjelasan mengenai tinggi, berat badan, dan warna kulit,  tapi saya akan memberikan beberapa tips yang bermanfaat untuk meng-upgrade penampilan supaya jadi lebih percaya diri:

  • Supaya terlihat lebih langsing, mengombinasikan warna gelap dengan warna dingin adalah pilihan yang tepat. Gunakan juga jenis bahan-bahan lembut seperti sifon atau sutera.
  • Disarankan tidak memakai busana dengan motif yang besar dan menumpuk karena membuat tubuh makin kelihatan penuh. 
  • Kerah V-Neck adalah pilihan tepat bagi wanita bertubuh besar atau berisi. Kerah model ini membuat tubuh terlihat lebih panjang dengan memamerkan tulang leher.
  • Boleh saja bereksperimen lebih berani lagi dengan atasan warna cerah seperti merah atau kuning. Namun, pastikan untuk mengombinasikannya dengan bawahan berwarna gelap. Selain terlihat lebih fashionable, paduan ini membuat Anda tampak lebih langsing.
  • Potongan gaun A-line, akan menyembunyikan pinggul yang besar sehingga membuat Anda terlihat lebih langsing. Hindari busana dari bahan stretch yang ketat karena akan semakin memperlihatkan lemak tubuh.
  • Sebisa mungkin hindari motif garis horizontal karena menimbulkan kesan melebar pada tubuh. Lebih baik pilih motif vertikal tipis yang diaplikasikan pada celana, kemeja, rok, atau gaun.
  • Gunakan sepatu yang berhak agak runcing karena akan membantu membuat betis terlihat lebih kecil. Hindari memakai sepatu hak rendah atau yang memiliki tali karena akan membuat kaki terlihat makin pendek dan besar.
  • Pilih tas yang proposional dengan bentuk tubuh. Tas-tas berukuran medium dan besar akan memberi keseimbangan bentuk tubuh.

Nah, semoga tips di atas membantu! Jangan ragu untuk terus bereksperimen dengan aneka busana supaya B’timers dan juga Silvi tetap tampil modis. Yang terpenting, miliki percaya diri dan cari style pribadi Anda!

Share This Article