Kenal Lebih Jauh Jenis Hijab Untuk Wanita Muslim | Breaktime
Kenali Lebih Jauh Jenis Hijab Untuk Wanita Muslim
03.11.2017

Kita semua tahu bahwa beberapa perempuan muslim menggunakan kerudung untuk mematuhi aturan dalam agama Islam untuk tidak mengumbar aurat. Dengan menggunakan pakaian yang tertutup, secara tidak langsung juga akan membuat penampilan mereka lebih sopan di depan umum. Mungkin untuk sebagian orang yang tidak berkerudung atau mengenakan pakaian muslim akan terlihat sama saja. Padahal sebenarnya, baju muslim wanita ada beragam jenisnya. B’timers pasti pernah mendengar tentang burka, hijab, dan niqab.

Yang sering kita temui mungkin wanita-wanita muslim dengan hijab mereka untuk menutupi kepala dan rambut. Beberapa di antaranya menggunakan burqa dan niqab untuk menutupi kepala, rambut, dan wajah mereka. Tetapi, bukan hanya sampai disitu saja perbedaan ketiga items muslimah tersebut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Model Jumpsuit Terbaru 2017 Paling Trendy

Niqab seringkali dipakai oleh perempuan di negara-negara Arab. Meski begitu, perempuan di negara Barat juga ada saja yang menggunakannya. Niqab adalah penutup kepala atau scarf yang menutupi wajah, namun membiarkan mata terbuka. Niqab biasanya memiliki potongan panjang setengah punggung dan menutupi dada.

Kenal Lebih Jauh Jenis Hijab Untuk Wanita Muslim | Breaktime
Niqab

Lalu, apa bedanya dengan chador atau cadar? Cadar adalah jubah yang menutupi seluruh tubuh dan dirancang untuk dipakai oleh wanita muslim saat keluar rumah. Cadar biasanya berwarna hitam dan siapapun yang memakainya harus memegang bagian depan karena tidak memiliki sabuk atau pengencang. Anda bisa juga memberikan sabuk sendiri.

Kenal Lebih Jauh Jenis Hijab Untuk Wanita Muslim | Breaktime
Chador atau cadar

Hijab atau jilbab sendiri jadi salah satu yang paling banyak disebut dan kita lihat sendiri. Ini adalah item yang paling umum. Jilbab punya beberapa jenis, ada yang segi empat, langsung, ataupun model scarf. Untuk scarf sendiri jadi item yang paling banyak dipakai oleh muslimah Indonesia ataupun di negara-negara Barat. Ini karena cara penggunaannya yang mudah dan bisa dibentuk sedemikian rupa.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mitos Unik di Balik Serasinya Seragam Bridesmaid

Bahkan di tanggal 1 Februari ditetapkan sebagai World Hijab Day. Pada hari itu, seluruh masyarakat dunia semua agama diminta untuk mengenakan hijab sebagai solidaritas terhadap wanita Muslim. Ini juga bertujuan untuk menciptakan dunia yang lebih damai dan saling menghormati satu sama lain, sehingga tak ada lagi kefanatikan, diskriminasi, dan prasangka buruk terhadap wanita Muslim.

Kenal Lebih Jauh Jenis Hijab Untuk Wanita Muslim | Breaktime
Hijab atau jilbab yang dipakai wanita muslim

Yang lebih ekstrim lagi adalah burqa. Jenis pakaian muslim yang satu ini menutupi seluruh tubuh dan wajah Anda. Jadi, orang lain tak akan bisa melihat seperti apa wajah Anda. Panel jala yang ada di bagian depan jadi solusi untuk membuat mata tetap bisa melihat jalan. Hanya saja, jika dilihat dari depan, mata Anda tidak akan terlihat oleh siapapun.

Jenis pakaian yang satu ini sangat kontroversial dan selalu dikaitkan dengan Afghanistan. Negara seperti Perancis dan Jerman bahkan melarang burqa dipakai oleh wanita yang hidup di dua negara tersebut.

Kenal Lebih Jauh Jenis Hijab Untuk Wanita Muslim | Breaktime
Burqa yang sempat kontroversial
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
LANGKAH: Weaving the Flavours of Transformation

Well, itulah beberapa jenis pakaian muslim yang mungkin cukup membingungkan. Sebenarnya apapun yang dipakai, yang paling penting adalah hati, sikap, dan tutur kata yang terus terjaga. Bagimana menurut kalian B’timers? (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE