KALEIDOSKOP SONGKET BALI by CARMELITA | Breaktime

KONSULTASI FASHION

ISFA

Creative & Academic Development Director

KALEIDOSKOP SONGKET BALI by CARMELITA
by ISFA
07.04.2016

B’timers, dalam salah satu fashion show di Indonesia Fashion Week (IFW), Imelda Sparks Fashion Academy (ISFA) menampilkan karya dari delapan muridnya, salah satunya adalah Gabriella Carmelita.

Sejak kecil, Gabriella sudah memiliki minat yang tinggi pada berbagai macam visual arts, terutama menggambar dan melukis. Di masa remajanya, minatnya merambah ke dunia fashion. Gabriella mempelajari ilustrasi fashion secara otodidak sebelum akhirnya memutuskan untuk mengikuti kursus di Imelda Sparks Fashion Academy (ISFA),

Sebelum mengikuti IFW, Gabriella juga mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi di “FASHION SHOW Wacoal” for Breast Cancer Awareness Campaign 2015 bersama Musa Widyatmodjo loh, B’timers! Dia sudah berani memamerkan koleksinya dengan belajar baru 2 bulan! Berkat coaching dari para pengajar ISFA, hasilnya sangat membanggakan.

Untuk IFW 2016 yang bertajuk Neoteric Heritage, Gabriella mengambil inspirasi dari kain songket Bali dan kaleidoskop. Kain songket Sidemen Bali terkenal dengan warna yang cerah serta motif geometris yang dipadukan dengan motif flora dan fauna.

Warna serta motif dari kain songket dan kaleidoskop menjadi inspirasi motif bordir pada koleksi Gabriella di IFW 2016. Gabriella menciptakan koleksi yang menggabungkan unsur tradisional dari motif kain songket dengan gaya yang modern. 

KALEIDOSKOP SONGKET BALI by CARMELITA | Breaktime
Kain songket dengan motif khas yang cantik

Dalam karyanya, Gabriella hanya menggunakan satu jenis motif bordir yang letaknya diatur secara berulang menyerupai gambar kaleidoskop. Kontras antara warna cerah dari motif bordir dengan warna hitam pada bahan membuat motif bordir yang diaplikasikan menjadi sangat eye-catching, sehingga memberikan kesan modern dan chic.

Potongan outfit yang simple dan fleksibel merepresentasikan prinsip “less is more” yang sesuai dengan style Gabriella. Gabriella ingin menciptakan outfit yang fleksibel dan dapat digunakan sehari-hari namun tetap membuat penggunanya bersinar seperti bintang. Gabriella berharap simplicity dari design yang dibuat memberikan kesan elegan bagi para penggunanya.

Koleksi karya Gabriella menampilkan siluet tall and slender yang sesuai untuk B’timers yang menyukai hal-hal yang bersifat feminine. Penggunaan bahan-bahan yang ringan seperti crepe dan chiffon yang bersifat flowy menjadikan penggunanya terlihat anggun.

Bagi para B’timers yang menyukai desain karya Gabriella, ada kabar gembira! Saat ini, Gabriella sedang membangun clothing line “ESTRELLA by Carmelita” yang akan launching di pertengahan tahun ini. So, B’timers, stay tuned and check out her instagram account @estrellabycarmelita and website www.gabriellacarmelita.com for more info! (ISFA)

Share This Article

Tagging: