Rahasia Kenapa Ada Kantong Kecil di Saku Jeans | Breaktime
Ini Rahasia Kenapa Ada Kantong Kecil di Saku Jeans
20.02.2016

B’timers, Anda pernah bertanya-tanya kenapa ada kantong kecil di saku depan celana? Atau jari Anda pernah tersangkut di sana ketika akan merogoh sesuatu? Memang, masalah kantong kecil yang nyempil di saku jeans ini pernah menjadi perbincangan dan perdebatan banyak orang.

Sebelum menjawab pertanyaan yang membuat penasaran tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita membahas sejarah kantong atau saku pada celana terlebih dahulu. B’timers, celana jeans pertama kali dibuat di Genoa, namun saku kecil di celana ini ternyata pengaruh dari para penambang emas Amerika. Saat itu Amerika sedang dilanda demam emas, seperti demam akik yang terjadi di Indonesia beberapa tahun terakhir ini.

Perusahaan celana jeans Amerika, Levi Strauss, membuat celana dari kain kanvas untuk memudahkan para penambang menyimpan butiran emas dengan menyertakan kantong kecil di bagian pinggangnya. Para penambang menyukai ide brilliant Levi Strauss tersebut karena ternyata celana kanvas buatan mereka kuat, aman dan tak mudah robek.

Rahasia Kenapa Ada Kantong Kecil di Saku Jeans | Breaktime
Kain denim terbaik dari Genoa

Seiring berjalannya waktu, celana rancangan Levi Strauss ini dibuat tidak hanya untuk para penambang saja, namun juga dipasarkan untuk berbagai macam kalangan. Bahannya tidak lagi dari kanvas, namun menggunakan kain khusus yang dibeli langsung dari Genoa. Menurut sejarah, setelah para penambang, pemakai terbesar celana jeans adalah para koboi.

Bagi para koboi, kantong yang sebelumnya untuk menyimpan butiran emas berubah fungsi untuk menyimpan jam saku. Para koboi biasa mengaitkan jam saku mereka pada rantai. Nah, agar tetap aman, jam saku mereka diselipkan di kantong kecil jeans tersebut. Fakta tersebut terungkap setelah sebuah laman bernama Quora, yang merupakan kumpulan pakar tekstil, menjawab rasa penasaran masyarakat ini.

Rahasia Kenapa Ada Kantong Kecil di Saku Jeans | Breaktime
Koboi menyimpan jam saku di kantong jeans tersebut

“Di era awal terciptanya jeans, orang masih menggunakan jam saku dan kantong itu sengaja dibuat untuk menyimpan jam tersebut,” tulis Janoskova, salah satu ahli tekstil di Quora. “Pada tahun 1800-an, para koboi menggantungkan jam saku mereka di rantai dan menyelipkannya di ikat pinggang. Levi Strauss membuat kantong kecil itu untuk menyimpan jam agar lebih aman saat berkuda.

Uniknya, meski celana telah dibuat dengan berbagai macam desain dan bahan, kantong kecil tersebut masih tetap ada sampai sekarang, bukan? Tentu saja, kantong tersebut masih berguna untuk menyimpan koin, kunci kecil, kancing yang terlepas atau anting Anda yang patah kok, B’timers! Jadi, sudah terjawab ya, kenapa ada kantong kecil nyempil di saku depan celana? (nap)

Share This Article