Ini Lho, 8 Langkah Tepat Mencuci Jeans! | Breaktime
Ini Lho, 8 Langkah Tepat Mencuci Jeans!
22.02.2016

Saat ini, jeans merupakan salah satu outfit wajib bagi para fashionista. Warna dan model yang beraneka ragam, membuat jeans cocok dikenakan bersama outfit apapun, baik dengan gaya trendy ataupun bagi para hijabers. Namun, agar warna dan bentuknya tetap indah serta tahan lama, proses pencucian jeans harus benar-benar diperhatikan. Apa saja? Berikut ulasannya, B’timers.

Jangan mencuci setiap kali memakai

Anda tak perlu mencuci jeans setiap kali memakainya. Idealnya, jeans dicuci sebulan sekali jika Anda tak meninggalkan noda menganggu. Terlalu sering mencuci jeans akan membuat warnanya cepat memudar karena efek deterjen.

Gantung setelah memakai

Karena jeans di cuci sebulan sekali, sebaiknya Anda menggantungnya dengan hanger setiap kali dipakai. Tak perlu menjemurnya dibawah terik matahari, Anda bisa menggantung jeans dengan mengangin-anginkannya. Tujuannya agar bau yang mungkin muncul bisa hilang. 

Ini Lho, 8 Langkah Tepat Mencuci Jeans! | Breaktime
Gunakan hanya air dingin untuk mencuci

Gunakan air dingin

Saat mencuci jeans, hindari menggunakan air panas yang dapat memudarkan warna. Gunakan hanya air dingin agar warna jeans tidak memudar dan tetap baik. Jika tak yakin akan kebersihannya, Anda dapat menambahkan satu sendok the lada hitam ke dalam air rendaman agar kotoran terangkat dari jeans.

Balik jeans

Saat mencuci dan menjemur jeans, sebaiknya balik jeans dengan bagian dalam berada di luar. Selain untuk menjaga memudarnya warna jeans, hal ini juga dapat membantu Anda mencegah jeans yang secara tidak sengaja melunturkan warnanya ke pakaian lain saat bersentuhan ketika dijemur.

Ini Lho, 8 Langkah Tepat Mencuci Jeans! | Breaktime
Balik jeans saat mencuci dan menjemur

Pisahkan warna

Seperti halnya pakaian, jeans umumnya memiliki warna yang berbeda-beda, seperti light blue, warna gelap seperti hitam, ataupun beragam warna cerah seperti kuning, hijau dan merah. Oleh karena itu, pisahkan jeans sesuai warnanya sebelum mencuci agar warna terang tidak kelunturan.

Cuci dengan tangan lebih baik

Menggunakan mesin cuci memang lebih efisien dan mudah. Sayangnya, ketika beban mesin cuci berlebih karena jeans yang cukup berat, gerakannya bisa menyebabkan kerusakan jahitan atau resleting robek.

Ini Lho, 8 Langkah Tepat Mencuci Jeans! | Breaktime
Mesin cuci dapat merusak jahitan dan resleting jeans

Jangan gunakan pengering

Pengering dapat menyebabkan jeans tampak kusut dan merubah bentuknya bahkan penyusutan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tak menggunakan pengering, atau jika terpaksa gunakan rak pengering agar bentuk jeans tidak banyak berubah.

Jangan lakukan dry-cleaning

Dry-cleaning memang terlihat sangat cocok untuk membersihkan jeans dari kotoran membandel tanpa merusak warna. Sayangnya, dry-cleaning sangat berpengaruh terhadap serat kain. Setiap kali dicuci dengan cara dry-cleaning lapisan kain akan menipis karena rusaknya serat.

Langkah-langkah untuk mencuci jeans ini, bisa B’timers terapkan agar jeans tetap awet dan memiliki warna yang indah. Jika tak yakin, coba lihat kembali prosedur pencucian yang terdapat pada jeans Anda. (dfr)

Share This Article