Indonesia Fashion Week 2017 Resmi Digelar | Breaktime
Indonesia Fashion Week 2017 Resmi Digelar
02.02.2017

Hari Rabu pagi, 1 Februari 2017, fashion week terbesar di Indonesia resmi dibuka oleh Poppy Dharsono, Presiden Indonesia Fashion Week 2017. Digelar selama 5 hari mulai tanggal 1-5 Februari 2017, kali ini tema “Celebrations of Culture” mewarnai ajang fashion akbar ini. IFW sendiri merupakan wujud komitmen Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) terhadap perekonomian nasional, yakni dalam bentuk pengembangan serta promosi kekayaan budaya Indonesia.

Fashion Week 2017 sendiri menggelar opening yang meriah, di mana terdapat puluhan desainer yang unjuk karya di fashion show, serta akan ada kolaborasi dari mereka selama 5 hari ke depan nanti. Di acara Opening Ceremony sendiri, yang berlangsung pada 1 Februari 2017, hadir perwakilan dari Kementerian, sebagai bentuk apresiasi terhadap nilai-nilai kebudayaan serta kewirausahaan.

Sejumlah menteri yang hadir di antaranya Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementrian Pariwisata, Kementerian Ekonomi dan UKM, Badan Ekonomi Kreatif dan Kedutaan Besar negara sahabat. Selain itu dihadiri juga oleh banyak tamu dari luar negeri yang turut menyaksikan fashion week.

Cakupan Indonesia Fashion Week sendiri tidak hanya pada budaya saja, namun juga pariwisata, sehingga banyak mendapat sorotan dunia internasional. Inspirasi budaya dari deretan destinasi tanah air menjadi titik berat pekan budaya ini, seperti di antaranya Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo-Tengger Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai. Apresiasi tersebut dituangkan lewat penggunaan bahan baku seperti tenun, songket, dan batik dari berbagai daerah di Indonesia, selain itu juga motif yang jadi inspirasi untuk detail pada busana seperti bordir.

Menempati area Jakarta Convention Center (JCC) dengan luas lebih dari 24.000 meter persegi, gelaran ini berlangsung selama 5 hari ke depan dan dimeriahkan oleh ratusan pelaku industri fashion serta desainer dari seluruh tanah air. Akan ada 20 fashion show, 10 seminar, kompetisi dan lokakarya, 10 talk shows, dan juga ratusan merek lokal akan dipamerkan di sini.

Indonesia Fashion Week 2017 Resmi Digelar | Breaktime
Apresiasi Badan Ekonomi Kreatif Indonesia

Menyesuaikan dengan temanya, rangkaian acara seluruhnya akan dikemas untuk dapat mewakili kekayaan khasanah budaya Indonesia. Tema “Celebrations of Culture” tertuang dalam tata panggung hingga keseluruhan ruang. Identitas Indonesia akan terpancar dengan kuat lewat arena pameran dan kompetisi yang digelar. Bahkan model di fashion show ini pun seluruhnya adalah model asli Indonesia.

Di IFW 2017 ini, Jaimie Sortino yang merupakan desainer asal Australia juga akan hadir. Sebagai fashion show Indonesia pertama yang diikutinya, Sortino mengungkapkan bahwa ia merasa terhormat, dapat turut menampilkan koleksi busana rancangannya. “Kami mulai menunjukkan koleksi di mata internasional pada November lalu di New York, kemudian kami ke Indonesia. Saya merasa terhormat bisa berpartisipasi di IFW dan bekerja sama dengan desainer luar biasa asal Indonesia,” demikian ungkap Sortino.

Sortino sendiri mengusung visi yang bertujuan menambah daya tarik couture pada rancangannya. tema romantic fairytale tertuang pada gaun yang ditampilkan Sortino di ajang busana ini. Selain itu, ada juga koleksi terbaru Sortino yang akan dibawakannya, dengan juful Hymn. Konsepnya sendiri adalah To The Flora, dengan nilai apresiasi terhadap Flora dan keindahan hydrangea. Juga terinspirasi dari hydrangea, rancangan Sortino memakai dominasi warna ungu dan biru. Kombinasi warna yang bernuansa romantis.

IFW sendiri merupakan ajang fashion terbesar di Indonesia yang bertujuan mendukung industri fashion di Indonesia. Ajang ini juga menjadi sarana untuk mendukung para perancang serta pelaku industri fashion dari seluruh penjuru Nusantara hingga internasional. IFW pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 dan setiap tahunnya diadakan kembali dengan tujuan untuk memberikan arah dan gambaran pada industri fashion di Indonesia.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE