Harus Tahu, Tips Belanja Tanpa Menguras Gaji! | Breaktime
Harus Tahu, Tips Belanja Tanpa Menguras Gaji!
21.02.2017

Bekerja dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup. Oleh karena itu, sebagai manusia kita dituntut untuk selalu rajin bekerja. Tetapi memang tidak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dengan gaji besar. Banyak juga orang yang bekerja, namun gaji yang didapat tidak mampu menutupi kebutuhannya. Apalagi untuk orang-orang yang hidup sebagai generasi milenial seperti saat ini. Khususnya perempuan.

Makhluk yang satu ini sepertinya memang tidak bisa menahan hasratnya untuk berbelanja. Untuk B’timers yang masih single mungkin sering mengalami hal-hal yang membuat Anda menyesal, yaitu berbelanja barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Nah, kalau untuk yang sudah berkeluarga mungkin lebih bisa mengesampingkan kebutuhan diri sendiri untuk kebutuhan keluarga.

Apapun itu, yang jelas Anda pasti pernah merasakan gaji Anda sudah habis ketika pertengahan bulan. Nah, Anda pasti bingung bagaimana mengatasinya. Tenang saja, Breaktime adalah jawaban dari semua solusi Anda.

Harus Tahu, Tips Belanja Tanpa Menguras Gaji! | Breaktime
Buat rencana belanja bulanan agar gaji tetap aman

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah membuat rencana belanja bulanan. Banyak hal yang harus dipenuhi sehari-harinya, seperti makan, transportasi, listrik, pulsa, dan masih banyak lainnya. Nah, dengan membuat rencana belanja, itu bisa berfungsi sebagai pengendali pengeluaran untuk hal-hal yang tidak terduga.

Membuat laporan keuangan harian juga sangat bermanfaat untuk mengendalikan isi dompet Anda. Sederhana saja, Anda bisa membuat jurnal dan mencatat setiap pengeluaran atau bahkan pemasukan tambahan untuk setiap harinya.

Cara selanjutnya adalah tidak menyimpan semua uang cash di dalam dompet. Kesalahan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah menguras isi ATM setelah mendapat gaji. Kemudian menyimpan banyak uang cash di dompet. Memang di awal rencana adalah untuk berjaga-jaga jika ada keperluan mendadak, tetapi hal itu juga berbahaya untuk pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan.

Tak hanya cara-cara di atas, tempat Anda berbelanja juga  sangat berpengaruh untuk kelangsungan hidup dompet, B’timers. Tak salah jika Anda terpaksa untuk sedikit picky dalam berbelanja. Sering-seringlah untuk melakukan perbandingan tempat satu dengan tempat yang lainnya. Hal tersebut bisa membuat Anda tahu mana tempat yang oke untuk berbelanja dengan kualitas bagus dan harga yang lebih terjangkau.

Harus Tahu, Tips Belanja Tanpa Menguras Gaji! | Breaktime
Belanja online ternyata lebih murah, lho!

Lagipula, Anda tak harus fancy dalam berbelanja. Akan lebih baik jika disesuaikan dengan penghasilan Anda per bulan. Sudah tidak jaman lagi untuk memaksakan kemampuan yang sebenarnya justru membuat Anda terbebani.

Percayakah Anda berbelanja online sebenarnya lebih murah, lho. Kebanyakan online shop menerima barang dari supplier langsung dan mereka tidak terlalu besar dalam mengambil keuntungan. Lagipula seringkali online shop mengadakan promo dan diskon untuk menarik pelanggan lebih banyak.

Kalau tidak ingin berbelanja online dengan alasan takut barang yang dibeli tidak sesuai, Anda bisalah sesekali pergi ke garage sale. Saat ini juga sudah banyak garage sale yang menjual barang-barang berkualitas dan jauh dari kata tidak layak. Jadi Anda tak perlu khawatir dompet kering dan bisa tetap berbelanja. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE