Fashion Parade, Ini Tips Belanja Saat Ramadhan | Breaktime
Fashion Parade, Ini Tips Belanja Saat Ramadhan
15.06.2016

Bulan Ramadhan sudah tiba, bulan di mana umat Islam diwajibkan untuk latihan menahan napsu jiwa dan raga, di mana berpuasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga, tapi esensi Ramadhan adalah momen di mana umat Islam “digodok” untuk belajar meniadakan ego diri dan mengikuti kemauan Allah.

Yang termasuk dalam meniadakan ego diri adalah, tidak marah, tidak bergunjing, perbanyak amal saleh, zakat sedekah dan mengontrol nafsu dunia, termasuk di dalamnya adalah nafsu berbelanja.

Khusus dalam artikel ini, saya ingin membahas soal belanja fashion, di mana saya sendiri adalah fans berat para designer muslimah yang memang saat ini namanya berkibar harum. Terlebih lagi hal yang paling menggoda adalah, di saat Ramadhan, mereka mengeluarkan koleksinya yang tercantik, terbaru, dan terkini. Nah, harus bagaimana ya, mengontrol nafsu belanjanya? Ketika semua koleksi tersebut bertebaran di media sosial, dan ketika belanja semudah “one click away”, wah.

Jelas Anda butuh strategi jitu untuk tampil chic tapi budget fashion tidak jebol ketika Ramadhan, berikut tipsnya:

  • Bongkar lemari baju Anda

Coba lihat, ada berapa kemeja biru yang berkali-kali Anda beli tapi yang dipakai cuma satu, ada berapa shawl yang sudah tidak dipakai lagi, ada berapa outer yang sudah tidak trend lagi? Sisihkan baju-baju yang memang sudah tidak Anda inginkan tapi masih berkualitas bagus, berikan kepada yang membutuhkan. Lalu untuk baju yang masih Anda suka, tapi bingung mengombinasikannya, keep it. Setelah itu, kita maju ke tahap berikutnya.

  • Tentukan style Anda Ramadhan ini

Saya selalu senang mencoba gaya baru, dengan banyaknya bermunculan designer muslim serta busana dengan brand internasional yang menawarkan “modest fashion”, our choices as cosmoplitan muslimah are unlimited. Trik saya adalah rajin browsing Pinterest, dan membagi gaya dalam berbagai klasifikasi. Foto-foto style fashion yang saya suka, akan saya save di camera roll untuk acuan saya dalam mengombinasikan padu padan busana.

Fashion Parade, Ini Tips Belanja Saat Ramadhan | Breaktime
Riset belanja secara online
  • Riset

Hal yang paling menyenangkan buat saya dalam berbelanja, adalah proses mencoba bajunya. Saya paling senang mencoba berbagai baju di dept store, di kamar ganti saya akan melakukan selfie, dan baju yang saya suka tidak langsung saya beli, tapi saya coba pikirkan kombinasinya ketika saya di rumah sambil melihat koleksi baju saya yang lain. Dengan cara ini ketika kita membeli baju, pasti baju itu nanti akan terpakai.

  • Belanja pun punya visi misi

Tahap berikutnya adalah, saya akan rajin browsing Instagram designer lokal, dan ketika ada dua model yang sama antara di brand internasional dan di Instagram designer lokal, saya akan pilih beli di designer lokal. Hei, jika bukan kita yang memajukan UKM lokal, siapa lagi, bukan?

  • Tentukan budget

Biasanya, ketika Ramadhan, semua designer akan mengeluarkan koleksi terbarunya dan untuk yang tercantik, saya akan spare budget cukup banyak di bulan ini. Tapi 3-5 bulan kemudian, saya tidak berbelanja busana lagi, dan usahakan konsisten dengan prinsip tersebut.

Happy smart shopping, B’timers! (FA)

Fashion Parade, Ini Tips Belanja Saat Ramadhan | Breaktime
Fauziah Arsiyanti SE. MM. ChFC

Oleh Fauziah Arsiyanti SE. MM. ChFC
Financial and Small Business Consultant
PT Fahima Advisory
www.fahimaadvisory.com
Instagram : @moneyOlogy

Share This Article