Cerdas Memilih Busana Kerja demi Karir Cemerlang | Breaktime
Cerdas Memilih Busana Kerja demi Karir Cemerlang
13.09.2017

B’timers pekerja kantoran tentu sudah hapal dengan apa saja do’s dan dont’s dalam daftar busana kerja yang Anda kenakan ke kantor setiap harinya. Secara konvensional, busana kerja terdiri dari kemeja berkerah dan celana kain, demikian juga dengan wanita mungkin bisa mengganti kemeja dengan blouse atau celana dengan rok, dengan beberapa aksesoris busana seperti dasi atau scarf untuk mempercantik penampilan formal Anda. Tapi sadarkah Anda bahwa atmosfer kerja belakangan ini tak lagi seformal dahulu?

Andrew Jensen, seorang konsultan bisnis yang telah menyelidiki korelasi antara busana kerja dan tingkat produktivitas, menemukan bahwa terdapat ketidaksepakatan antara para manjer dengan kelompok peneliti mengenai isu busana kerja tersebut. Busana kerja tak lagi seformal dulu, tuturnya, dengan menjamurnya tempat kerja yang mulai menjual lingkungan yang santai dan kasual. Dengan demikian, busana kerja menjadi sama kasualnya dan tak lagi seformal lingkungan kerja tradisional.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Merawat Tas Branded Tetap Seperti Baru

Selain dari dress code yang diwajibkan dalam tempat kerja Anda, penggunaan busana kerja sebenarnya tak lepas dari stereotype yang telah mengakar di masyarakat. Pernahkah B’timers bertanya-tanya mengapa di suatu kawasan bisnis cenderung dipenuhi para pekerja kantoran yang mengenakan atasan dan bawahan hitam resmi? Hasil survey di Inggris terhadap 1.000 orang responden menunjukkan bahwa warna hitam memiliki keterkaitan erat dengan kepercayaan diri dan kecerdasan. Sebaliknya, warna merah muda merupakan warna yang paling tidak menonjolkan kecerdasan seseorang.

Faktanya, setiap individu memiliki preferensi mereka sendiri terhadap busana kerja mereka masing-masing. Para pakar psikologi menegaskan bahwa warna tertentu maupun gaya busana tertentu bisa mencerahkan suasana hati Anda maupun mendongkrak semangat Anda saat bekerja. Bukan karena warna tertentu berdampak secara ajaib untuk meningkatkan performa kerja Anda, melainkan apa yang dipercaya setiap individu mengenai makna simbolis di balik setiap potong busana kerja mereka. Selain menstabilkan emosi, makna yang dilekatkan setiap individu dalam busana kerja yang mereka kenakan akan meningkatkan proses kognitif saat bekerja. 

Cerdas Memilih Busana Kerja demi Karir Cemerlang | Breaktime
Secara tradisional, para pekerja dituntut untuk mengenakan busana kerja formal

Tak hanya berpengaruh terhadap para pekerja secara internal, pemilihan  busana kerja juga memiliki dampak tersendiri bagi para klien dan customer. Mengenakan legging atau jogging pants sepanjang hari tentunya tak masalah bagi mereka yang bekerja dari rumah maupun di lingkungan kerja yang ekstra kasual. Sebaliknya, B’timers yang bekerja di lingkungan formal terutama yang menuntut keahlian bernegosiasi perlu mengunakan busana kerja yang resmi dan terkesan profesional untuk mempermudah Anda meyakinkan klien dan memperlancar proses negosiasi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Michael W. Kraus, seorang asisten profesor dari Yale School of Management membuktikan bahwa pekerja yang mengenakan tracksuit pants dan kaus oblong selama proses negosiasi hanya menghasilkan profit sebanyak US$680.000 saja, sedangkan yang berbusana kerja resmi cenderung mengeluarkan aura percaya diri dan sukses sehingga mampu menggolkan profit hingga US$2,1 juta.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pesona Gaun Pengantin Termahal Di Dunia

Ladies, salah satu tips unik bagi pekerja kantoran wanita ialah bahwa mengenakan busana kerja yang telalu terbuka ternyata membuat Anda kurang kompeten, terutama apabila Anda duduk di posisi manajerial. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Hertfordshire di Inggris membuktikan bahwa para karyawan wanita dengan rok yang terlalu mini dan kancing kemeja yang terlalu banyak dibuka rupanya menunjukkan kesan kurang profesional, apabila dibandingkan dengan para pekerja wanita yang mengenakan rok dengan panjang di bawah lutut dan kemeja yang dikancingkan sempurna.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hijab & Kulot Ala Selebgram Selalu Menyegarkan

Kesimpulannya? Kecuali bila kantor tempat Anda bekerja mewajibkan seragam atau dress code tertentu, B’timers bisa kok mengenakan busana kerja dengan model dan warna favorit Anda. Pemilihan busana kerja sesuai selera telah banyak terbukti mampu mempertajam fokus dalam bekerja, serta meningkatkan motivasi dan pencapaian dalam bekerja. Selain budaya di lingkungan kerja, pemilihan busana kerja juga dapat disesuaikan dengan jenis industri tempat Anda bekerja. Busana kerja kasual, misalnya, dipercaya mampu membuat Anda lebih mudah fokus kepada detail-detail terperinci dan penjelasan literal, serta membuat Anda berpikir secara lebih konkret, yang akan sangat bermanfaat bagi B’tiemrs yang bekerja dengan penulisan kode maupun perencanaan. Sebaliknya, busana kerja resmi cenderung membuat pemakainya merasa lebih berkuasa, berpikir secara abstrak dalam gambaran besar, serta mampu menyelesaikan pekerjaan kognitif dengan mudah.

Bagaimana, B’timers? Sudah memutuskan busana kerja yang manakah yang akan Anda kenakan esok pagi? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE