Barli Asmara & Tren Layering Busana Muslim 2017 | Breaktime
Barli Asmara & Tren Layering Busana Muslim 2017
06.02.2017

Tahun ini kembali digelar fashion event terbesar di Indonesia, yakni Indonesia Fashion Week (IFW) 2017. Dalam pagelaran akbar ini, turut berpartisipasi desainer, model dan seluruh pelaku fashion yang ada di tanah air. Mereka menunjukkan koleksi karyanya lewat fashion show yang gemerlap. Selain itu, IFW juga menjadi sarana promo bagi para desainer fashion untuk menunjukkan hasil rancangan terbaik mereka.

Dan salah satu brand yang mendukung IFW 2017 kali ini ialah Wardah. Sebagai salah satu brand kosmetik terbesar di Indonesia, Wardah menunjukkan apresiasinya serta dukungan terhadap fashion, dengan menjadi Official Make Up dan Hair Do di pekan busana kali ini. Wardah pun memiliki tema sendiri untuk IFW 2017, yakni Wardah 'YOUniverse: Celebration of Colors'.

Turut ikut dalam kolaborasi dengan Wardah, ialah salah seorang desainer ternama Indonesia, Barli Asmara. Mungkin B’timers sudah familiar dengan nama yang satu ini, ya. Kita juga sering melihatnya tampil di acara televisi. Tahun ini sendiri merupakan keempat kalinya designer kelahiran 1978 ini berkolaborasi dengan Wardah. Breaktime pun berkesempatan mewawancarai Barli yang sempat dijumpai saat sesi Wardah. Berikut interview Breaktime dengan Barli.

Breaktime : Mas Barli, bisa diceritakan dong, konsep koleksi yang barusan ada di Wardah ' YOUniverse: Celebration of Colors'?

Barli Asmara : Untuk kali ini, saya menggunakan warna hitam dan putih dengan tema koleksi 'Black Orchid Fervor'. Bagi saya, hitam dan putih adalah representasi dari negatif dan positif, yang bila diolah dengan baik bisa menjadi keseimbangan yang saling mengisi, mirip konsep Yin dan Yang.

Barli Asmara & Tren Layering Busana Muslim 2017 | Breaktime
Barli Asmara bersama Raline Shah di fashion show kolaborasinya dengan Wardah

Breaktime : Selain itu, tadi juga saya lihat di bajunya banyak detail lipatan.

Barli Asmara : Ya, saya memang banyak bermain di detail lipatan, tapi saya buat seimbang dengan make up dengan tema ‘faithful’, yang merupakan tema warna baru dari Wardah dan memberi kesin seperti no make up. Pesan yang ingin saya sampaikan adalah ‘less is more’. Dengan pakaian yang penuh detail, kita enggak perlu dandan berlebihan, kita pede saja dengan dandan yang flawsless, supaya terlihat seimbang. Coba bayangkan kalau kita dandannya over, sementara di baju kita sudah terdapat banyak detail, seperti apa jadinya. Layaknya hidup, kita perlu seimbang ya :)

Breaktime : Jadi supaya seimbang, ya. Oke, untuk pertanyaan terakhir nih, mas. Menurut Mas Barli, apa prediksi tren fashion di tahun 2017?

Barli Asmara : Untuk baju muslim, menurut saya trennya akan lebih banyak desain yang santun dan menggunakan layering. Mix and match atau padu padan juga masih akan muncul di tahun ini.

Breaktime : Oke, Mas. Terima kasih untuk waktunya, ya. Sukses untuk karya-karyanya ke depan.

Barli Asmara : Sama-sama. Terima kasih :)

Demikian sesi interview Breaktime dengan Barli Asmara. Bisa kita lihat bahwa konsep yang diusung Barli adalah less make up, karena sudah terdapat banyak detail pada bajunya. Sehingga, kita tidak perlu berdandan hingga over make up. Karena, semuanya tentang keseimbangan. Barli pun mengungkapkan analogi konsep karyanya dengan kehidupan, di mana semua harus seimbang.

Selain itu, untuk yang berhijab, tren busana muslim 2017 sendiri diungkapkan Barli akan lebih mengarah pada layering atau model berlapis. Namun, juga akan ada banyak yang menggunakan mix and match atau trik memadu padankan pakaian. So, B’timers para hijabers, siapkan outfit of the day Anda, ya. (ina)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE