Cara Ampuh Membersihkan Baju Dari Noda Makanan Berlemak | Breaktime
Baju Lebaran Terkena Noda Makanan Berlemak? Ini 5 Cara Ampuh Membersihkannya
20.07.2015

Usai bermaaf-maafan, tiada hal yang lebih indah di hari yang fitri selain makan bersama dengan keluarga besar. Sejumlah menu makanan berlemak yang mengandung santan kental dan sejumlah bumbu rempah lengkap pasti menjadi menu utama untuk diburu. Namun, bagaimana kalau saat asyik-asyiknya makan, tiba-tiba kuah opor atau rendang mengenai baju baru Anda?

Nah, kali ini Breaktime akan berbagi sejumlah tips menarik untuk menghilangkan noda berlemak pada baju baru Lebaran Anda. Yuk, simak ulasannya.

Taburkan bedak pada noda lemak

Ya, dengan menggunakan bedak bayi, Anda bisa menghilangkan noda berlemak di pakaian. Caranya, tepuk-tepuk lemak dengan tisu, kemudian taburkan bedak pada noda lemak dan diamkan selama setengah jam. Bedak akan menyerap lemak dengan cepat dan mempermudah Anda saat mencucinya.

Gunakan sikat berbulu lembut

Setelah itu, gunakan sikat berbulu lembut untuk membersihkan noda. Sikat secara perlahan-lahan sampai noda lemak menghilang. Usahakan untuk tidak menggunakan sikat berbulu kasar karena ini justru akan merusak serat pakaian baru Anda.

Gunakan sabun cuci piring

Sejumlah sabun cuci piring yang mengandung ekstrak jeruk nipis ternyata efektif untuk menghilangkan noda lemak pada pakaian, lho. Oleskan beberapa tetes sabun cuci piring ke atas pakaian, biarkan beberapa saat dan bilas dengan air.

Direndam dengan air hangat

Lemak pada pakaian juga akan lebih mudah terangkat bila Anda merendamnya dengan air hangat. Paling tidak rendam baju selama 20 menit. Usahakan air tidak terlalu panas agar serat pakaian tidak menyusut dan warnanya pudar.

Oleskan soda kue

Cara Ampuh Membersihkan Baju Dari Noda Makanan Berlemak
Soda kue bisa digunakan untuk menghilangkan lemak pada serat kain

Anda juga bisa menggunakan soda kue untuk mengusir noda berlemak yang membancel. Oleskan pada bagian yang bernoda, lalu gosok dengan sikat lembut. Diamkan sejenak hingga pasta mengering, kemudian bilas dengan air.

Ternyata cukup mudah untuk melindungi keindahan baju baru Anda meski terkena tumpahan makanan berlemak di hari Lebaran, bukan?

Share This Article