5 Langkah Rawat Kacamata Bingkai Kayu | Breaktime
5 Langkah Rawat Kacamata Bingkai Kayu
19.05.2015

Cara Membuat Kacamata Dari Kayu

B’timers, punya kacamata berbingkai kayu di antara deretan koleksi Anda? saat ini memang banyak sekali pilihan frame kacamata yang ditawarkan, yang paling terbaru dan banyak digunakan oleh para selebriti adalah jenis kacamata berbingkai kayu. 

Sayangnya, kacamata berbingkai kayu adalah jenis kacamata yang sedikit ‘rewel’ perawatannya. Mau tahu cara supaya kacamata awet dan tahan lama? Simak tips berikut ini:

Letakkan pada tempatnya

Jangan sembarangan menyimpan kacamata supaya lebih awet
Jangan sembarangan menyimpan kacamata supaya lebih awet

Hal kecil namun memberi efek yang krusial, karena jika Anda meletakkannya secara sembarangan, bukan tidak mungkin muncul ‘lecet’ pada bagian frame ataupun lensa kacamata. Sebaiknya, siapkan sebuah tempat khusus yang diberi alas kain berbahan lembut. Cara ini juga efektif untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kacamata terjatuh atau terduduki secara tidak sengaja.

Bersihkan secara teratur

Jangan malas bersihkan kacamata, ya
Jangan malas bersihkan kacamata, ya

Pemakaian secara terus menerus akan akan membuat kacamata kotor, terutama jika sering dipakai ketika beraktivitas di luar ruangan. Cara membersihkannya, gunakan kuas kecil untuk menyapu sudut-sudut kacamata, terutama yang memiliki detail. Sapukan kuas dengan halus sampai bersih.  (Baca Juga: Tips Pintar Memilih Kemeja Pria Warna Pastel)

Setelah itu, siapkan kain halus, teteskan satu atau dua tetes cairan pembersih khusus kayu atau cukup gunakan baby oil, lalu usap perlahan pada bagian bingkai kacamata. Sedangkan untuk membersihkan bagian lensanya, Anda cukup menggunakan pembersih khusus lensa, lalu keringkan dengan kain lembut. Hindari pemakaian tissue ataupun handuk kertas yang bisa menimbulkan baret pada lensa.

Jangan simpan di suhu udara rendah

Perhatikan suhu ruangan tempat menyimpan kacamata
Perhatikan suhu ruangan tempat menyimpan kacamata

Sebaiknya, kacamata berbingkai kayu diletakkan pada suhu ruangan yang hangat, tapi tidak terkena matahari langsung. Karena jika diletakkan pada tempat yang bersuhu udara rendah (terkena AC terus menerus), akan memicu tumbuhkan jamur.

Gunakan kedua tangan untuk melepasnya

Hati-hati saat melepas dan memakai kacamata
Hati-hati saat melepas dan memakai kacamata

Kacamata sering kendur pada bagian gagangnya? Mungkin Anda harus mulai memperhatikan cara pemakaiannya. Yang harus diingat, selalu gunakan kedua tangan untuk melepas kacamata. 

Stop menggunakan kacamata di kepala

Hentikan kebiasaan ini supaya kacamata lebih awet
Hentikan kebiasaan ini supaya kacamata lebih awet

Hal ini akan membuat kacamata Anda lebih cepat kotor, terutama pada bagian lensanya. Dan ingat, kacamata berbingkai kayu lebih ‘rentan’ akan bahan-bahan kimia yang mungkin terkandung pada produk perawatan rambut Anda.

Kalau dirawat dengan baik, tentu kacamata kayu akan lebih awet dan terjaga penampilannya. Jadi bisa diandalkan untuk memaksimalkan gaya di berbagai kesempatan ya, B’timers!

Share This Article