Wow, Harga Jam Tangan Ini Melebihi Harga Satu Mobil | Breaktime
Wow, Harga Jam Tangan Ini Melebihi Jeep Grand Cherokee SRT
11.10.2015

Beberapa minggu lalu, beredar kabar mengenai pemberitaan para wakil rakyat yang berkunjung ke Amerika Serikat dan berfoto dengan calon presiden negara Paman Sam untuk periode mendatang, yaitu Donald Trump.

Selain itu, ada satu hal yang menarik dan diperbincangkan banyak kalangan dari kedatangan para anggota DPR tersebut ke Amerika Serikat yaitu jam tangan yang dikenakan oleh Ketua DPR RI Setyo Novanto. Menjadi bahan pembicaraan karena jam tangan yang dikenakan ditaksir bernilai miliaran Rupiah.

Bukan untuk membahas masalah jam tangan yang dimiliki oleh Setyo Novanto, tetapi kali ini Breaktime akan mengulas jam tangan yang memiliki harga jual 5 kali lipat lebih dari harga sebuah mobil Jeep Grand Cherokee SRT. Mobil tersebut dijual dengan harga sekitar 1,8 miliaran. So, jam apakah itu, B’timers?

Jam tangan yang dijual dengan harga USD 815.000 atau sekitar Rp 11 miliar lebih tersebut merupakan signature watch dari Greubel Forsey, seorang pembuat jam paling ternama di dunia, dinamakan Greubel Forsey Quadruple Tourbillon.

Wow, Harga Jam Tangan Ini Melebihi Harga Satu Mobil | Breaktime
Greubel Forsey Quadruple Tourbillon

Lantas kenapa jam tangan tersebut sangat mahal?

Well, Stephen Forsey, selaku company co-founder dari perusahaan pembuat Greubel Forsey Wuadruple Tourbillon ini menjelaskan kenapa jam tangan tersebut sangat mahal. Menurut Forsey, jam tangan tersebut dikerjakan oleh 18 orang yang sangat terpilih. Dan untuk mencari ke-18 orang tersebut, perusahaan membutuhkan waktu 11 tahun lamanya. Masing-masing orang memiliki keahlian atau spesialis dalam hal pembuatan spare-part jam.

Selain itu, sebelum membuatnya, dibutuhkan waktu sekitar 5 tahun lamanya untuk mematangkan ide pembuatan. Tidak hanya itu saja, pihak perusahaan benar-benar memperhatikan dan memperhitungan segala aspek, mulai dari desain sampai bagian mechanical-nya.

Tourbillon merupakan jam tangan yang berisikan banyak mekanis rumit dan sangat kecil, serta memiliki fungsi untuk memangkas efek gravitasi bumi sehingga dapat memberikan hasil waktu yang benar-benar cocok dan tepat.

Di dalamnya terdapat 534 komponen yang berukuran dari 43,5 milimeter sampai dengan yang berukuran mikroskopis atau sekitar 0,35 milimeter. Tidak seperti kebanyakan jam tangan buatan Swiss lainnya, komponen-komponen dalam Tourbillon tersebut dikerjakan dan diselesaikan menggunakan tangan bukan mesin.

“Anda akan melihat hasil karya para pakar jika mengamati jam tangan ini dari dekat,” jelas Forsey.

Hal yang patut diketahui tentang Greubel Forsey Wuadruple Tourbillon

  • Bingkai dari Tourbillon ini terbuat dari rose gold dengan kristal safir sintetis pada bagian belakangnya. Forsey juga mengatakan bahwa ada model yang sama tapi menggunakan platinum.
  • Memiliki kemampuan untuk menolak efek gravitasi yang dapat mengganggu ketepatan dan akurasi waktu, sehingga performanya sangat baik ketika digunakan di berbagai tempat.
  • Pada bagian samping, terdapat sebuah kaca kecil yang dapat B’timers gunakan untuk melihat Tourbillon dari berbagai angle.
  • Tali jamnya terbuat dari kulit buaya dengan gesper yang terbuat dari emas 18 karat dan ukiran logonya dibuat langsung menggunakan tangan.

Melihat rumitnya proses pembuatan serta segala detail yang ada pada jam tangan ini, tak heran jika harganya dibanderol sangat tinggi, ya. Berminat memilikinya, B’timers?

Share This Article