Topi Klasik Untuk Pria Modern | Breaktime
Topi Klasik Untuk Pria Modern
09.04.2015

Topi adalah salah satu aksesori yang bisa mengubah penampilan ‘standar’ menjadi stylish hanya dalam hitungan detik. Kaus polos dan celana denim akan ‘naik kelas’ begitu ditambahkan topi, sedangkan setelan formal akan terlihat one of a kind berkat aksesori yang satu ini. B’timers ingin coba? Kenali dulu jenis-jenisnya, yuk!

Topi Klasik Untuk Pria Modern | Breaktime
Fedora

Fedora adalah topi klasik yang sangat iconic. Fedora yang ‘asli’ merupakan topi berbahan felt dengan sisi samping yang tertekuk dan memiliki lipatan melengkung ke dalam di bagian crown. Jenis topi ini juga sangat versatile dan fleksibel karena memiliki lingkar topi yang flat dan cukup lebar sehingga bisa dikenakan dengan berbagai gaya. Anda bisa mengenakannya dalam posisi agak terangkat memperlihatkan wajah, atau sedikit ‘menunduk’ menutupi mata untuk bergaya cool dan misterius.

Topi Klasik Untuk Pria Modern | Breaktime
Trilby

Topi jenis ini mirip dengan fedora, namun dengan bagian belakang lebih pendek dibandingkan bagian depannya. Umumnya, trilby dikenakan agak ‘menunduk’ di bagian depan untuk mempertegas angle bagian belakang yang menyempit. Lingkar topi trilby lebih kecil dibandingkan fedora, sekitar 1 inci. 

Topi Klasik Untuk Pria Modern | Breaktime
Homburg

Homburg adalah ‘saudara’ Fedora yang lebih dressy. Sama seperti fedora, Homburg juga memiliki lipatan pada bagian crown, tapi tanpa pinch di sisinya. Lingkar topi pun dibuat lebih kaku sehingga cocok untuk dipadukan dengan busana bergaya formal.

Topi Klasik Untuk Pria Modern | Breaktime
Porkpie

Topi ini memiliki bagian crown yang flat dan tanpa lipatan. Porkpie memiliki ‘cubitan’ di tiap sisi, membentuk triangular atau wedge-shape di bagian depan, dan lingkar topi yang kecil. Porkpie cocok dikenakan oleh pria bertubuh tinggi.

Topi Klasik Untuk Pria Modern | Breaktime
Bowler/Derby

Jenis topi ini memiliki crown yang membulat, tanpa lipatan maupun ‘cubitan’, serta lingkar topi yang sedikit melengkung ke atas. Meskipun pada awalnya topi ini dikenakan oleh para working-class, pop culture telah membuatnya menjadi salah satu fashion icon bergaya British.

Topi-topi di atas tentunya bisa membuat penampilan B’timers menjadi update secara instan. Jadi, jika bingung akan mengenakan busana seperti apa, kenakan saja busana simpel dan tambahkan topi. Siap tampil gaya!

Share This Article