Tips Merawat Sneakers demi Penampilan Tetap Gaya | Breaktime
Tips Merawat Sneakers demi Penampilan Tetap Gaya
10.11.2017

B’timers pasti sepakat bahwa sepatu sneakers merupakan salah satu jenis alas kaki yang paling stylish dan sesuai dikenakan dalam hampir setiap suasana dan padanan busana. Sayangnya, gaya yang usung sepatu sneakers membutuhkan pengorbanan khusus dari Anda. Setelah menabung sekian lama untuk mendapatkan sneaker yang Anda idamkan, tentu saja Anda ingin menjaganya senantiasa awet dengan kualitas prima seperti ketika baru dibeli. Aktivitas padat Anda sepanjang hari akan berisiko mengotori sneakers, seperti tumpahan air minum, gesekan kaki, maupun segala bentuk debu dan kotoran yang mungkin hinggap di kantor atau tempat nongkrong Anda di akhir hari.

Sekedar berjalan kaki setiap harinya tetap saja berisiko mengotori sneakers kesayangan Anda. Tips merawat sneakers dengan membersihkan noda yang melekat pada sneakers tak bisa dilakukan sesederhana memasukkannya ke mesin cuci. Saat ini berbagai sneaker kit, seperti yang ditawarkan oleh lini Jason Markk, telah tersedia bagi Anda yang tak keberatan merogoh kocek lebih untuk mendapatkan produk perawatan sepatu. Uniknya, cara tersebut terkesan membuang waktu dan tidak praktis untuk dilakukan kapanpun. Untuk lebih mudah dan murah, B’timers bisa menggunakan aneka bahan alami mapun rumah tangga untuk menghilangkan noda pada sneakers dan mengembalikannya seperti semula.

Sama seperti sepatu sneakers, tali sepatu juga membutuhkan perawatan khusus. Tali berwarna gelap lebih mudah dicuci karena tidak berisiko terkena luntur dari bahan lainnya. Tali sepatu berwarna putih atau cerah, sebaliknya, perlu dicuci terpisah dengan menggunakan tangan dan air dingin. Apabila hendak dibersihkan dalam mesin cuci, lakukan trik khusus agar warnanya tidak pudar atau bahannya terurai karena tersangkut mesin cuci atau pakaian lainnya. Masukkan tali sepatu ke dalam sarung bantal atau bra wash bag yang khusus untuk menyimpan pakaian dalam wanita saat dicuci dengan washing machine.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Karisma Klasik Gaya Rambut Pompadour Pria
Tips Merawat Sneakers demi Penampilan Tetap Gaya | Breaktime
Beberapa bahan yang dijual bebas di toko sepatu untuk membersihkan sneakers

Selain tali sepatu, sol bagian dalam juga merupakan bagian yang paling rapuh dalam sepatu sneakers. Tips merawat sneakers pada bagian sol dalam sebenarnya bisa sesederhana diangin-anginkan saja. Akan tetapi, B’timers, apabila bau pada sol dalam terlalu kuat dan tidak bisa segera hilang hanya dengan diangin-anginkan, Anda bisa mengeluarkan lalu menyimpannya di dalam kotak tertutup dengan tambahan baking soda untuk membantu menghilangkan bau membandel. Untuk sol sepatu bagian luar, sebaliknya, gunakan larutan yang mengandung 70 % deterjen pembersih yang eco-friendly dan 30 % air bersih. Caranya, basahi terlebih dahulu dengan menggunakan botol spray, lalu sikat dengan air sabun sebelum dibilas hingga bersih.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pria Tampan Pakai Sepatu Nyaman Untuk Traveling

Usai dicuci, bagian alas bawah sepatu sneakers bisa kembali dibasahi dengan spray untuk membersihkan debu yang menempel. Anda juga bisa mengeringkan sepatu dengan kain handuk atau blow-dry dalam suhu rendah. Selalu sikat dengan arah yang sejajar dengan garis sol agar tidak mudah rusak atau menghancurkan partikel sol. B’timers juga bisa menggunakan peralatan khusus yang biasa disediakan di toko elektronik sebagai perangkat untuk membersihkan celah pada sol sepatu yang tidak mudah dijangkau. Bagian samping sepatu bisa dibersihkan dengan langkah-langkah yang sama, namun dengan menggunakan sikat yang bulunya lebih lembut. Jangan menyikat terlalu kasar karena berpotensi menimbulkan retakan pada permukaan sepatu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Model Sneakers Terbaru 2017 Pria Masa Kini

Untuk sepatu sneakers dengan tambahan aksen plastik, Anda bisa membersihkan permukaannya dengan menggunakan selai kacang. Kandungan minyak pada selai kacang mampu mengembalikan kilau alami pada bahan plastik serta menghilangkan hingga 99 % sisa oksidasi pada plastik. Jenis kotoran yang paling sering ditemukan pada sepatu sneakers ialah tetesan cat atau bekas permen karet. Apabila Anda sudah mencoba mencuci seperti biasa dan masih belum bisa hilang, tips merawat sneakers dari sisa cat dan permen karet ialah dengan menggunakan lighter fluid atau minyak korek api. Lakukan tips ini hanya pada kondisi terakhir ketika pencucian manual tidak dapat menghilangkan bekasnya, serta lakukan di ruangan berventilasi baik. Selamat membersihkan sepatu sneakers Anda ya, Guys! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE