Pilih Model Baju Batik Pria untuk Segala Suasana | Breaktime
Tips Memilih Model Baju Batik Pria untuk Segala Suasana
02.08.2017

B’timers, Anda tentu sepakat bahwa batik merupakan busana khas Indonesia. Batik seringkali dikenakan dalam suasana formal maupun kasual sekalipun, mulai dari acara adat hingga acara resmi kenegaraan. Tidak hanya bagi wanita, busana batik juga merupakan pilihan penuh gaya bagi pria. Hanya saja, terdapat beberapa hal yang harus B’timers perhatikan dalam memilih model baju batik bagi pria yang menarik dan juga sesuai dalam suasana tertentu.

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih busana batik pria ialah ukuran. B’timers tentu memahami bahwa tidak seluruh jenis dan merk pakaian memiliki standar ukuran yang sama. Demikian juga dengan busana batik pria. Seringkali, meski Anda telah memilih ukuran Anda yang biasanya, seperti S, M, L, atau XL, bisa jadi busana batik tersebut memiliki lengan yang telalu panjang atau bahu yang terlalu lebar. Pastikan bahwa Anda tidak mengenakan busana batik yang tidak terlalu ketat atau terlalu longgar, entah dalam suasana kasual atau formal. Perlu Anda ingat juga bahwa saat mengenakan kemeja batik, jangan masukkan ke dalam celana agar tetap terlihat rapi dan bersahaja. Selain itu, pilih juga batik yang tidak terlalu panjang ataupun terlalu pendek. Meski busana batik yang Anda pilih merupakan merk ternama nan mahal, bpenampilan Anda akan terlihat mengecewakan apabila Anda tidak pandai dalam memilih ukuran yang sesuai dengan tubuh Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hormon Ini Ternyata Bisa Atasi Insomnia, Apa Ya?
Pilih Model Baju Batik Pria untuk Segala Suasana | Breaktime
Batik bisa jadi pilihan berbusana B'timers

Kedua, saat memilih busana batik pria, pilihlah bahan yang terasa nyaman bagi Anda. Mulai dari katun hingga sutra, beragam jenis bahan batik dapat Anda pilih berdasarkan budget dan kesesuaian gaya berbusana favorit Anda. Batik sutra biasanya memiliki harga yang cukup mahal dan dijadikan pilihan busana bagi sauna eksklusif nan formal. Terdapat 2 jenis bahan sutra yakni sutra satin dan sutra crepe. Sutra satin merupakan bahan yang terlalu halus dan ringan sehingga cenderung “memeluk” tubuh Anda, sehingga kurang cocok untuk dikenakan pria yang memilihi ukuran tubuh ekstra karena akan nampak ketat di area tubuh seperti dada atau perut. Sutra crepe, sebaliknya, memiliki tekstur yang tidak terlalu ringan sehingga tidak menonjolkan lekuk tubuh Anda secara berlebihan dan dapat dikenakan dengan nyaman. Bagi suasana semi-formal maupun kasual, batik berbahan katun merupakan pilihan yang sempurna. Kelebihan busana batik katun ialah teksturnya yang nyaman dan memudahkan kulit Anda untuk bernafas, tidak seperti dengan bahan sutra, serta tersedia dalam harga yang terjangkau. Sayangnya, warna dan motif model baju batik katun cenderung mudah pudar jika terlalu sering dipakai.  Selain jenis bahan, kualitas batik juga dinilai dari teknik pembuatan, seperti batik cap dan batik tulis. Semakin rumit motif dan teknik pembuatan batik, tentunya harga juga akan menyesuaikan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
This is it, Intip Cara Cepat Kurus dalam 3 Hari!

Pertimbangan lain saat memilih busana batik pria ialah warna dan motif. Pria seringkali enggan mengenakan batik karena tampilannya yang terlalu ramai dan mencolok. Batik dapat menjadikan tampilan Anda makin maksimal apabila dipilih sesuai dengan jenis acara yang Anda hadiri. Meski cenderung beraneka warna, warna busana batik pria dapat dilihat dari warna latar belakang yang mendominasi. Pada event yang santai dan kasual, Anda dapat mengenakan batik berwarna cerah dalam berbagai motif. Sebaliknya, saat menghadiri acara resmi, pilihlah batik yang hanya terdiri dari satu pengulangan motif nan simpel serta memiliki warna dominan gelap atau monokrom (hitam dan putih).

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Paling Mudah Menghilangkan Komedo di Hidung

Terakhir, sesuaikan style busana batik yang sesuai dengan suasana acara yang Anda datangi. Kemeja batik lengan panjang dan celana bahan berwarna senada merupakan pilihan tepat saat menghadiri event resmi seperti acara kenegaraan maupun undangan pernikahan. Sebaliknya, batik lengan pendek dapat Anda kenakan dalam acara santai nan kasual, dipadukan dengan celana jeans sekalipun. Tips yang tak boleh ketinggalan setelah menemukan model baju batik kesukaan Anda ialah selalu pastikan setiap kancing terpasang dengan rapi. Kemeja batik biasanya dijual dengan kancing plastik yang dijahit longgar dan perlu Anda rapikan terlebih dahulu agar tidak lepas dan hilang sewaktu-waktu saat dikenakan. (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE