Tengok Evolusi Suit dari Tahun ke Tahun, Yuk! | Breaktime
Tengok Evolusi Suit dari Tahun ke Tahun, Yuk!
30.04.2016

Anda diwajibkan mengenakan setelan formal saat ke kantor, B’timers? Ya, pakaian formal memang merupakan salah satu tren yang tetap abadi hingga sekarang. Bahkan ada penelitian yang gaya busana resmi ini sudah ada sejak 400 tahun-an, lho! Dan suit yang Anda miliki saat ini pun ternyata sudah berulangkali disesuaikan. Penasaran bagaimana perjalanan serta evolusi suit hingga saat ini?

The new sapeurs

Tengok Evolusi Suit dari Tahun ke Tahun, Yuk! | Breaktime
Warna cerah dan motif yang berani adalah ciri the new sapeurs

Gaya ini terinspirasi oleh ide-ide revolusioner Andre Matsoua pada tahun 1930-an dan didorong oleh musik dan tarian Afrika yang berkembang pada 1950-an hingga 1960-an. Saat ini pemuda dari Brazzaville dan Kinshasa mengeluarkan rancangan setelan yang sangat aspiratif. Suit ini menggambarkan kebebasan serta ragam yang dinamis.

The Burton classic

Tengok Evolusi Suit dari Tahun ke Tahun, Yuk! | Breaktime
Gaya ini masih banyak digemari hingga sekarang

Montague Burton mendirikan bisnis pakaian di Chesterfield pada 1903, yang kemudian tumbuh menjadi salah satu toko pakaian terbesar di Inggris. Jahitan khas Burton mencerminkan kaum pria terhormat yang maskulin. Selain itu, dia sering menggunakan warna keras dengan potongan ekstrem dalam membentuk tampilan dan kesan lembut.

The 1940s Edwardian

Tengok Evolusi Suit dari Tahun ke Tahun, Yuk! | Breaktime
Klasik namun berkelas

Ada gaya yang melanda setiap sudut jalanan di Mayfair dan Chelsea di akhir 1940-an dan awal 1950-an. Dan inilah era terbaru dari Edwardian suit, B’timers. Setelan resmi ini biasa dipadukan dengan aristocratic loafers yang dipoles, topi dan payung. Sementara kaum elit memasangkannya dengan kerah beludru serta rompi border yang berkelas.

The Armani gigolo

Tengok Evolusi Suit dari Tahun ke Tahun, Yuk! | Breaktime
Kerennya pria dengan jas formal

Bahu miring, kancing yang lebih rendah dengan menggunakan kain yang lebih ringan merupakan gaya Giorgio Armani pada tahun 1980-an. Armani ingin memberikan sentuhan feminitas pada tubuh laki-laki yang berbalut setelan ini, B’timers. Anda bisa mengintip bagaimana gaya Richard Gere dalam film American Gigolo yang memukau.

The Japanese minimalist

Tengok Evolusi Suit dari Tahun ke Tahun, Yuk! | Breaktime
Jas tidak lagi dianggap formal serta bisa dikenakan saat santai

Sebuah konsep dari pemahaman kuno Jepang mendobrak gaya suit yang elegan dan bersahaja dari Eropa dan Amerika. Pada tahun 1970-an, desainer Jepang membawa budaya Timur ke catwalk di Paris. Kenzo Takada, Rei Kawakubo dan Yohji Yamamoto mengembangkan bahwa jas bukan sekedar pakaian untuk gaya formal saja.

Nah, setelah mengintip bagaimana evolusi suit yang pernah menjadi tren di masanya, gaya setelan mana yang sangat mencerminkan kepribadian Anda saat ini, B’timers? Atau mungkin Anda memiliki desain sendiri untuk setelan formal? (NO)

Share This Article