Tips Mendapatkan Foto Identitas Terbaik Anda | Breaktime
Smart Tips Mendapatkan Foto Identitas Terbaik Anda
03.03.2016

B’timers pasti pernah merasakan pengalaman tidak puas terhadap hasil foto identitas yang Anda buat. Namun, apalah daya foto identitas Anda sudah terlanjur tercetak pada kartu identitas B’timers. Nah, dengan tips berikut ini Anda tidak perlu khawatir terjadi salah posisi maupun senyum miring terjadi pada foto identitas Anda.

What you have to prepare?

Tips Mendapatkan Foto Identitas Terbaik Anda | Breaktime
Kamera digital dan tripod jadi senjata utama mengambil foto identitas terbaik

Sebuah kamera digital dengan timer adalah material utama yang harus Anda siapkan. B’timers dapat pula meminta bantuan teman untuk memotretkan. Pastikan kamera Anda lengkapi dengan tripod agar hasilnya lebih tegas dan tidak blur.

Untuk background siapkan atau pilih dinding berwarna putih bersih. Cari lokasi yang memiliki pencahayaan yang baik namun cahaya natural dan lembut. Siapkan pula printer dan kertas foto untuk mencetak foto identitas Anda.

What you have to do?

1. Pelajari terlebih dahulu aturan dari foto paspor atau foto identitas. Warna latar belakang, angle foto yang baik, dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengambil foto identitas yang baik dan benar.

2. Pasang kamera di tripod Anda. Bersiaplah dengan melepas atribut yang tidak penting seperti topi, headphones hingga peralatan bluetooth yang mengganggu proses pemotretan.

3. Posisikan diri Anda di depan kamera dengan latar belakang kain atau dinding putih. Butuh pencahayaan lebih? Gunakan foam core dan letakkan setidaknya 50 cm di bawah dagu dengan sudut 45 derajat untuk memantulkan cahaya lebih pada sisi gelap bayangan Anda. 

Tips Mendapatkan Foto Identitas Terbaik Anda | Breaktime
Buat studio sendiri di rumah dengan peralatan minimalis

4. Ambil banyak foto dengan beragam ekspresi. Mulai dari ekspresi kaku hingga sedikit tersenyum. Jika tidak ada ketentuan harus benar-benar formal, maka sedikit senyum tanpa menonjolkan gigi akan membantu memberikan pose terbaik untuk Anda.

5. Setelah menemukan posisi dan foto yang menurut B’timers terbaik berikan sentuhan digital editing dengan menambahkan exposure sesuai dengan kebutuhan foto Anda.

6. Cetak foto B’timers ke ukuran yang disarankan untuk memenuhi foto identitas Anda. And you’re done!

Yay, tidak susah bukan mendapatkan foto identitas yang keren meskipun dengan kamera digital pribadi? B’timers jadi tidak perlu malu lagi menunjukkan foto paspor atau foto identitas Anda pada petugas bandara maupun pada semua orang. Selamat mencoba, B’timers! (ft)

Share This Article