Rayakan Hari Ayah Nasional sebagai Single Mother | Breaktime
Rayakan Hari Ayah Nasional sebagai Single Mother
12.11.2017

Di Indonesia, Hari Ibu diperingati setiap 22 Desember untuk mengenang Kongres Perempuan Indonesia pada hari yang sama di tahun 1928. Namun tahukah B’timers bahwa Indonesia juga memiliki hari khusus untuk memperingati peran Ayah? Sejak tahun 2006, Presiden Republik Indonesia yang menjabat saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono, mencanangkan tanggal 12 November sebagai Hari Ayah Nasional. Ketika seorang anak dibesarkan seorang single mother tanpa adanya peranan seorang ayah, masihkah Hari Ayah perlu dan bisa dirayakan sebagaimana mestinya? 

11 tahun silam, bisa jadi Hari Ayah Nasional dicanangkan di Indonesia untuk mengenang jasa-jasa seorang ayah dalam keluarga. Ayah pada umumnya merupakan seorang breadwinner alias pemberi nafkah dalam keluarga. Sosok lelaki secara tradisional dipandang sebagai seseorang yang tangguh dan tak hanya menguatkan sang istri dan anak-anaknya dalam hal finansial, tapi juga menjadi pelindung dan memastikan kebahagiaan paripurna anggota keluarga nan terkasih. Sayangnya, tak bisa dipungkiri lagi bahwa perceraian maupun kematian suami pada akhirnya meniadakan peran ayah dalam keluarga. Ketika wanita menjadi seorang ibu tunggal, masihkah Hari Ayah memiliki status istimewa yang tak boleh dilewatkan begitu saja untuk dirayakan bersama buah hati?

Sang ayah bisa jadi meninggal ketika anak Anda masih berusia dini. Sama halnya dengan kasus perceraian yang tak terelakkan lalu menyisakan tanggung jawab berupa anak di tangan sang ibu. Terlepas dari stereotype tak mengenakkan mengenai status janda maupun single mother, seorang ibu tunggal pasti akan mencurahkan seluruh energinya untuk membesarkan buah hati. Kebanyakan ibu tunggal mungkin saja tak merasakan perlunya merayakan Hari Ibu bersama si kecil. Bertahun-tahun masa kanak sang buah hati akhirnya terlewatkan tanpa sekalipun merayakan Hari Ayah, tak seperti idealnya keluarga utuh dengan orangtua lengkap.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Merawat Sneakers demi Penampilan Tetap Gaya
Rayakan Hari Ayah Nasional sebagai Single Mother | Breaktime
Seorang wanita ibu tunggal sanggup melakukan peran ganda sebagai ayah dan ibu sekaligus

Faktanya, ibu tunggal memerankan sosok ayah dan ibu secara seimbang di hadapan sang anak setiap harinya. Pernahkah B’timers membayangkan bagaimana para single mothers melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk memenuhi kebutuhan buah hati? Ibu tunggal seringkali memasak, membersihkan rumah, bekerja mencari nafkah, melakukan pekerjaan rumah lainnya, bahkan menemani si kecil bermain, membacakan dongeng sebelum tidur, dan mengahdiri pentas seni dan mengambil rapor si kecil di sekolah. Ketika keluarga ideal akan membagi seluruh peran tersebut antara ayah dan ibu, seorang ibu tunggal akan mengambil alih semuanya sebisa mungkin tanpa adanya pasangan hidup sebagai partner dalam menghidupi maupun mengambil keputusan di keluarga.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Karisma Klasik Gaya Rambut Pompadour Pria
Rayakan Hari Ayah Nasional sebagai Single Mother | Breaktime
Berbagai kartu ucapan hari ayah yang ditujukan kepada para single mothers

Dengan peran seorang ibu tunggal yang luar biasa istimewa, mengapa Hari Ayah harus menjadi momen menyedihkan bagaikan kutil yang berdenyut menyakitkan dan senantiasa berusaha diabaikan, bahkan keberadaannya menjadi sedemikian mengganggu bagi para ibu tunggal? Kehidupan dinamis seorang ibu tunggal bisa jadi melelahkan tanpa adanya seorang ayah yang terlibat. Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa dilakukan para single mothers bersama anak mereka dalam rangka merayakan Hari Ayah. Sebagai seorang ibu tunggal, B’timers bisa memastikan bahwa anak Anda mengenal sosok ayahnya lewat kenangan Anda bersamanya. Ceritakan mengenai almarhum sang ayah lewat berbagai kebaikan hingga kisah-kisah lucu semasa hidupnya. Ajarkan anak Anda untuk mengapresiasi sosok ayahnya lewat memori dan kebaikan sang ayah di masa lalu yang tak pernah pudar.

Sayangnya, akibat tragedi perceraian maupun faktor lainnya, seringkali sosok ayah merupakan seseorang yang tidak ingin Moms kenang maupun ceritakan kepada si kecil. Tak perlu khawatir, karena B’timers bisa tetap mengajak buah hati merayakan Hari Ayah dengan menghargai para pria di kehidupan Anda dan si kecil yang layak menjadi role model bagi tumbuh kembangnya. Sosok lelaki tersebut bisa jadi saudara lelaki atau ayah kandung Anda, maupun teman dan kerabat yang dikenal si kecil dan memiliki berbagai karakter positif yang bisa menjadi cerminan bagi sosok ayah yang ideal bagi buah hati.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pria Tampan Pakai Sepatu Nyaman Untuk Traveling

Tak lupa, ajak si kecil untuk melakukan berbagai hal yang umumnya menjadi aktivitas wajib untuk menghidupi Hari Ayah pada umumnya. Lakukan dad thing seperti pergi memancing, hiking, memanggang barbecue di halaman belakang, atau sekedar berbelanja dan memperbaiki mobil bersama si kecil. Tunjukkan apa artinya menjadi sosok ibu dan ayah sekaligus. Ajarkan pada anak Anda bahwa Hari Ayah bisa dirayakan dengan menyenangkan bersama ibu tunggal, dalam keluarga yang tak sempurna minus kehadiran sesosok ayah sekalipun. Pada akhirnya, kebahagiaan sang buah hati merupakan hal yang terpenting bagi Anda bukan, B’timers? Selamat Hari Ayah Nasional! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE