Perpanjang Umur Jam Tangan Ada Caranya! | Breaktime
Perpanjang Umur Jam Tangan Ada Caranya!
27.06.2015

Tak cuma berfungsi sebagai penunjuk waktu, jam tangan juga seringkali dijadikan pelengkap penampilan. Itulah mengapa penting sekali menjaga jam tangan B’timers agar selalu ‘sehat’. Yuk, simak kiatnya!

Jauhkan dari magnet

Terkadang kita  sering menyimpan jam tangan sembarangan, misalnya di atas lemari pendingin atau TV. Ternyata, kedua jenis benda tersebut memiliki medan magnet yang kuat, dan lambat laun akan merusak ketahanan mesin jam tangan.

Jangan sampai jatuh

Jika jam tangan Anda sering jatuh, akan membuat komponen di dalamnya mengendur dan berkurang ketepatannya.

Bersihkan secara teratur

Bersihkan sesuai jenisnya
Bersihkan sesuai jenisnya

Bersihkan bagian kaca jam dengan kain yang halus, agar tidak menggores kaca pada jam Anda.Untuk tali jam berbahan karet, bersihkan dengan sabun dan sikat kecil yang halus, Bagi Anda yang memiliki jam tangan berbahan stainless steel, besihkan dengan alkohol lalu sikat perlahan, keringkan dengan lap lembut.

Pastikan Anda mengenal jenis tali stainless stell, karena ada beberapa bahan yang bisa timbul karat jika terkena air. Terakhir bahan kanvas, bersihkan dengan cara menyikatnya menggunakan air sabun lalu angin-anginkan.

Hindari zat-zat yang menyebabkan korosi

Hati-hati saat beraktivitas di luar ruangan
Hati-hati saat beraktivitas di luar ruangan

Air, minyak, dan keringat, bisa menyebabkan korosi. Jika memang jam tangan terkena salah satu zat tersebut, segera bersihkan dan usahakan kondisi jam tangan B’timers selalu kering.

Ganti baterai jam

Jangan tunda mengganti baterai
Jangan tunda mengganti baterai

Jika baterai Anda sudah mulai melemah, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Karena baterai yang sudah lemah akan menimbulkan minyak yang akan merusak mesin jam tangan.

Sedikit merepotkan memang harus memperhatikan kelima hal tersebut setiap saat. Tapi demi menjaga performa jam agar tetap prima, tentu tak masalah, kan?

Share This Article