Para Pria, Sudah Tepatkah Cara Keramas Anda? | Breaktime
Para Pria, Sudah Tepatkah Cara Keramas Anda?
10.09.2015

Walaupun penataan rambut pria tidak seribet wanita, tetapi para pria juga wajib tahu teknik keramas yang benar. Ini untuk menjaga kondisi kesehatan kulit kepala dan rambut agar tetap maksimal. Yuk, ikuti langkah mudahnya, B’timers!

Basahi rambut

Pertama, basahi terlebih dahulu kulit kepala dan rambut dengan air bersih. Bisa memilih menggunakan air dingin ataupun air hangat. Air hangat bisa dapat membuka kutikula rambut dan membersihkan kotoran serta kadar minyak yang membandel. Pastikan rambut basah secara merata.

Lakukan keramas secara rutin dan pijat lembut kulit kepala
Lakukan keramas secara rutin dan pijat lembut kulit kepala

Aplikasikan sampo

Tuang sampo secukupnya dan gosok terlebih dahulu pada tangan agar menghasilkan busa. Setelah berbusa, baru mulai aplikasikan pada kulit kepala dan rambut. Hal ini dilakukan agar konsentrasi formula pada sampo dapat merata di seluruh bagian rambut. 

Baca Juga: Rambut Tetap Cantik Tanpa Keramas

Sebaiknya pilih sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Tidak semua sampo cocok untuk kondisi kulit kepala dan rambut. Salah sampo dapat berisiko menambah masalah bagi rambut. Jika Anda termasuk dalam kategori rambut normal dan kering dalam seminggu cukup 3 kali. Namun jika kondisi rambut yang berminyak, sebaiknya bersihkan dan cuci rambut setiap hari.

Hindari menggosok menggunakan kuku

Dalam proses pencucian rambut, gosok perlahan kulit kepala dengan ujung jemari. Ingat jangan menggunakan kuku, karena kuku akan mengores kulit kepala dan menyebabkan iritasi. Pijat secara lembut dengan jemari sehingga bisa sekaligus menstimulasi dan melancarkan peredaran darah.

Gunakan sampo yang cocok untuk jenis kulit
Gunakan sampo yang cocok untuk jenis kulit

Bilas hingga bersih

Setelah itu, bilas bersih dengan air untuk menghilangkan busa sabun yang masih menempel. Terakhir, keringkan rambut dengan handuk bersih.  Dalam  proses mengeringkan rambut, jangan digosok terlalu keras karena bisa membuat rambut kusut. Cukup tekan kulit kepala perlahan dengan handuk dan biarkan rambut kering alami.

Setelah keramas, sebaiknya sisir rambut dalam kondisi setengah kering untuk menghindari kondisi rambut yang mudah patah dan rontok. Selamat mencoba, B’timers!

Share This Article