Penggunaan Tie Bar yang Benar untuk Pria | Breaktime
Para Pria, Perhatikan Penggunaan Tie Bar yang Benar
22.12.2015

Tie bar merupakan salah satu fashion item berupa clip kecil yang berfungsi untuk menjaga dasi agar tetap di tempatnya. B’timers mungkin menganggap hal ini sepele dan menggunakannya asal-asalan. Padahal jika digunakan dengan benar, tie bar bisa menjadi fashion item terkeren, lho. Berikut akan Breaktime jabarkan mengenai cara memakai tie bar dengan benar:

Pilih tie bar yang sesuai

Penggunaan Tie Bar yang Benar untuk Pria | Breaktime
Lebar dasi menentukan panjangnya, lho

Tidak semua tie bar cocok dengan berbagai dasi. Ada trik untuk menentukan itu lho, B’timers! Untuk dasi yang kecil, B’timers bisa menggunakan tie bar yang berukuran kurang dari setengah inchi. Sedangkan untuk dasi yang berukuran lebar, Anda gunakan yang memiliki panjang setengah inchi. Warna juga menentukan lho! Tie bar yang berwarna perak dan lebih doff bisa Anda gunakan kapan saja dan di mana saja. Namun, tie bar yang berwarna emas mengkilat lebih baik Anda gunakan kadang kala, seperti saat menghadiri pertemuan penting dengan atasan.

Letakkan di bagian dasi yang tepat

Penggunaan Tie Bar yang Benar untuk Pria | Breaktime
Posisi yang pas menentukan tingkat kekerenan Anda

Peletakkan tie bar yang ideal adalah yang tidak telalu tinggi dan tidak terlalu rendah. B’timers bisa menggunakan ukuran dengan kancing baju Anda. Posisi antara kancing ketiga dan ke-empat dari kemeja Anda adalah posisi paling ideal untuk penjepitan tie bar.

Jepit dasi sekaligus kemeja

Penggunaan Tie Bar yang Benar untuk Pria | Breaktime
Jaga agar tidak lari-lari kesana kemari

Fungsi tie bar adalah untuk menjaga dasi tetap pada tempatnya sehingga memberikan kesan yang rapi pada penggunanya. Sebaiknya B’timers menjepit dasi sekaligus kemeja Anda menggunakan tie bar. Tie bar mungkin salah satu fashion item yang esensial untuk pria kantoran, namun bukan berarti Anda tidak tahu cara penggunaannya kan?

Biarkan sedikit ‘berantakan’

Penggunaan Tie Bar yang Benar untuk Pria | Breaktime
Biarkan dasi Anda ‘bernapas’

Tarik sedikit saja bagian atas dasi Anda, ya. Hal ini membantu Anda untuk bebas bergerak dan tidak terikat dengan dasi Anda yang sedang terjepit tie bar. Jika B’timers tidak memberikan ruang untuk dasi bernafas, bisa-bisa kain kemeja Anda robek karena tertarik oleh tie bar dan menjadikan penampilan lebih berantakan.

Cukup rumit untuk dipelajari namun bukan berarti susah untuk dipraktekkan, kan? B’timers bisa cek video di bawah ini untuk mendapatkan gambaran visual mengenai pemakaian tie bar yang benar :

Selamat mencoba! (ft)

Share This Article