Pola Unik dan Sulap Penampilan Setelan Anda | Breaktime
Pakai Pola yang Tak Biasa dan Sulap Penampilan Setelan Anda
04.01.2016

Coba B’timers cek dalam lemari seperti apa pola setelan jas yang Anda miliki. Apakah bergaris, kotak-kotak, atau justru tanpa pola? Mayoritas pria akan memilih pola yang ‘aman’ untuk digunakan di berbagai acara. Kali ini Breaktime akan menjelaskan macam-macam pola yang ada dan cara memadukannya.

  • Garis-garis

Pola Unik dan Sulap Penampilan Setelan Anda | Breaktime
Kesan tubuh lebih tinggi dan langsing

Garis-garis mulai naik pamor di era tahun 1920-an karena kesannya yang mencolok pada masa itu sehingga tidak pantas digunakan untuk acara formal. Namun, sekarang pola ini justru eksis digunakan untuk setelan pria. Pola bergaris pantas digunakan untuk B’timers yang memiliki postur tubuh pendek atau bulat, karena mampu memberikan ilusi tubuh yang lebih jangkung dan langsing. Padukan dengan dasi polos atau motif lainnya yang berukuran sama dengan garis di setelan Anda.

  • Checked Plaid

Pola Unik dan Sulap Penampilan Setelan Anda | Breaktime
Tuxedo polos bisa jadi dalaman yang pas

Sejak tahun 1870-an, pola ini sangat digemari oleh pria di Amerika sejak menjadi pola standar jaket dalam suatu klub olahraga. Kemeja yang pas dijadikan dalaman jas ini adalah pola kotak-kotak yang sama atau berbeda namun ukuran kotaknya lebih besar dari jas Anda.

  • Glen Urquhart Plaid

Pola Unik dan Sulap Penampilan Setelan Anda | Breaktime
Pola sama untuk atasan dan bawahan ternyata keren juga!

Glen plaid merupakan pola paling ikonik yang harus Anda miliki untuk setelan jas Anda. Pola kotak-kotak uniknya yang perpaduan kotak-kotak kecil dan besar dengan warna hitam putih mayoritas selalu pantas digunakan di semua acara. Bawahan yang cocok untuk setelan jas ini adalah celana jeans gelap, padukan juga dengan dalaman sweater warna-warni.

  • Houndstooth

Pola Unik dan Sulap Penampilan Setelan Anda | Breaktime
Macklemore dan Ryan Lewis di acara Grammy Award

Pola yang dideskripsikan sebagai bentuk hitam putih abstrak ini jarang digunakan pada pakaian pria, kebanyakan pada rok atau coat wanita. Corak houndstooth yang mencolok kurang pas dipakai untuk acara formal. Jika B’timers ingin menggunakan setelan jas dengan motif ini pilih motif kecil-kecil sehingga tidak terlalu ngejreng.

  • Herringbone

Pola Unik dan Sulap Penampilan Setelan Anda | Breaktime
Pola unik seperti tulang ikan

Pola ini menyerupai ujung anak panah yang berukuran kecil tersusun dengan rapi. Herringbone cocok dikenakan di berbagai suasana karena tidak terlalu mencolok. Pola zigzag kecil-kecil rapat lebih cocok dibawa ke acara yang lebih formal. Setidaknya di lemari terdapat satu setelan jas dengan pola ini, sehingga B’timers bisa memadukannya dengan hampir semua jenis sepatu dan dasi yang Anda miliki.

Banyak juga ternyata motif yang bisa digunakan untuk setelan jas B’timers. Sekarang Anda sudah paham bukan bagaimana cara mengkombinasikan setelan sesuai acara tertentu. Kuncinya adalah tetap percaya diri pada diri dan outfit yang Anda gunakan, pasti B’timers terlihat bersinar di kesempatan apapun. Selamat mencoba! (ft)

Share This Article