Kenali Jenis Dan Trik Menentukan Ukuran Sepatu | Breaktime
Kenali Jenis Dan Trik Menentukan Ukuran Sepatu
03.05.2017

Saat membeli sepatu, satu hal yang pasti akan menjadi pertimbangan adalah ukuran sepatu. Baik Anda membeli di toko-toko sepatu atau toko online. Apalagi jika membelinya secara online, masalah utama adalah bagaimana menentukan ukuran yang pas. Ukuran sepatu pada umumnya seringkali tidak sesuai dengan kaki Anda. Terkadang meski ukurannya sama tapi masih kebesaran atau juga kekecilan. Jadi, ukuran-ukuran tersebut juga tak bisa menjadi patokan.

Sebelumnya Anda juga harus tahu bahwa ternyata ada beberapa jenis ukuran sepatu. Ukuran-ukuran ini bisa Anda jadikan patokan ketika Anda berbelanja di luar negeri. Pertama ada sistem ukuran Perancis yang banyak digunakan di hampir seluruh penjuru dunia. Dikenal dengan sistem Paris Stick, satuannya menggunakan PS. Penomoran dimulai dari 1 – 50 dengan perbandingan 1ps = 0.666 cm dan 50ps = 33.333 cm.

Baca juga : GAYA AYAH DAN ANAK SELEB INI KEREN! BIKIN GEMAS!

Selanjutnya adalah sistem ukuran Inggris yang cenderung digunakan di negera-negara Eropa. Ini karena ukuran anak dan dewasa hampir sama, masyarakat di luar Eropa sangat jarang menggunakan acuan ini. Untuk ukuran anak dimulai dari 1 – 13 dengan interval 1/3 inci. Nomor 0 = 4 inci. Ukuran tengah interval adalah 1/6 inci. Sedangkan untuk dewasa mulai dari 1 – 12 dengan interval 1/3 inci. Nomor 1 = 8 2/3 inci dengan interval tengah sebesar 2/6 inci.

Sistem ukuran Amerika hampir mirip dengan Inggris. Ukuran anak dan dewasa memiliki interval tengah. Untuk anak mulai dari 0 – 13. Nomor 0 = 3 11/12 inci dengan interval 1/3 inci. Untuk dewasa dimulai dari 1 -12. Nomor 1 = 8 7/12 inci dengan interval sama, yaitu 1/3 inci, sedangkan interval tengahnya adalah 2/6 inci. Membingungkan, ya, B’timers?

Berbeda lagi dengan sistem ukuran mondopoint yang menggunakan dua angka. Angka pertama merupakan ukuran panjang kaki dan angka kedua menunjukkan lebar dalam bentuk persentase. Satuan ukurannya menggunakan mm.

Kenali Jenis Dan Trik Menentukan Ukuran Sepatu | Breaktime
Cara menentukan ukuran sepatu pria tak sulit, kok!

Baca juga : 5 MODEL SEPATU LARI NB PALING KECE BUAT OLAHRAGA

Terakhir untuk ukuran sepatu biasanya menggunakan sistem ukuran centimeter. Ukurannya mulai dari 12 – 30, sistem pembagian antara anak dan dewasa pun tidak terlalu jelas. Untuk ukuran interval tengahnya 1 cm untuk setiap nomor.

Nah, setelah tahu jenis-jenis ukuran sepatu, kini Breaktime akan mengajak Anda untuk belajar bagaimana cara mengukur kaki agar sepatu yang Anda beli pas. Anda pun juga tidak akan rugi.

Pertama, letakkan selembar kertas di atas lantai dan jangan lupa untuk diberi selotip agar tidak lepas. Kemudian injakkan kaki di atasnya. Gambar garis mengikuti bentuk kaki bangian luar. Usahakan agar semua permukaan kaki menempel di atas kertas. Caranya adalah dengan menekukkan kaki, misalnya dengan duduk atau jongkok. Tak masalah jika Anda menggambar kaki saat menggunakan kaos kaki, asalkan tidak saat menggunakan sepatu. Selanjutnya, tandai panjang dan lebar gambar kaki Anda.

Baca juga : TIPS PRIA TAMPIL KECE DI BALUT OUTFIT OF THE DAY

Cara mengukur panjang adalah dengan menggunakan penggaris dari bagian atas ke bawah. Sedangkan untuk mengukur lebar kaki, letakkan penggaris membentang dari sebelah kanan hingga ke kiri. Langkah yang terakhir adalah mengurangi 3/16 inci untuk setiap angkanya. Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi jarak kecil antara garis yang Anda buat.

Nah, dengan begitu Anda bisa mendapatkan ukuran sepatu yang tepat dan bisa digunakan sebagai acuan utama dalam membeli sepatu secara online. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE