Jenggot Tebal Bikin Wajah Berantakan? Siapa Bilang?! | Breaktime
Jenggot Tebal Bikin Wajah Berantakan? Siapa Bilang?!
09.10.2015

“Clean shaved is so yesterday, now it’s time for the rise of bearded men”. Ungkapan itu rasanya tepat untuk menggambarkan tren di kalangan pria saat ini. Kemunculan pria-pria berjenggot dan berkumis akhir-akhir ini banyak terlihat baik di media massa dan tempat umum seperti kafe dan restoran di mana banyak anak muda suka hangout.

Tren yang dibawa oleh gelombang hipster ini memberi makna baru bahwa jenggot bukan lagi sekedar lambang kejantanan dan simbol ‘macho’, tapi sudah merupakan bagian dari menunjang penampilan dan fashion itu sendiri. Apakah B’timers adalah satunya? Simak tips jitu merawat jenggot kebanggaan Anda berikut ini:

Rapikan jenggot secara teratur

Jenggot Tebal Bikin Wajah Berantakan? Siapa Bilang?! | Breaktime
Jaga pertumbuhan jenggot dengan tetap mentrimnya secara berkala

Tidak ada aturan seberapa panjang dan seberapa pendek dalam memelihara jenggot dan kumis. Cukup sesuaikan dengan kenyamanan dan kemampuan B’timers dalam merawatnya. Yang perlu diperhatikan adalah jaga kerapiannya dengan mencukur atau mentrimnya secara berkala dengan memotong ujung-ujung rambut yang kusut dan melengkung, lalu rapikan dengan sisir bergigi tipis dan jarang.

Sesuaikan gaya jenggot

Jenggot Tebal Bikin Wajah Berantakan? Siapa Bilang?! | Breaktime
Pilih gaya jenggot yang sesuai dengan bentuk wajah

Untuk mengetahui gaya jenggot seperti apa yang cocok, maka terlebih dahulu kenali bentuk wajah B’timers. Untuk bentuk wajah lonjong atau panjang, jenggot yang penuh yaitu yang memenuhi lingkar rahang dan dagu cocok dipilih. Untuk yang bermuka bulat, fokuskan pada area dagu. Jika ingin tetap penuh dari area rahang, maka ada baiknya tidak dibiarkan terlalu panjang. Untuk yang memiliki bentuk wajah kotak, tidak jauh berbeda dengan wajah bulat. Namun, akan lebih bagus jika ditumbuhkan kumis.  Sedangkan untuk bentuk wajah oval, cocok dengan gaya jenggot apa saja. Intinya, ciptakan bentuk jenggot yang mengikuti lengkungan alami wajah. Minta tukang cukur untuk menyesuaikannya dengan arah tumbuhnya rambut, agar jenggot tampak menyatu dan rapi.

Bersihkan jenggot secara rutin

Jenggot Tebal Bikin Wajah Berantakan? Siapa Bilang?! | Breaktime
Rutin mencuci jenggot dengan sabun wajah

Jenggot dan kumis adalah bagian yang tidak terpisahkan dari wajah. Beri fokus lebih untuk membersihkannya agar terbebas dari debu dan kotoran yang menempel. Menggunakan sampo akan membuat wajah Anda menjadi kering. Untuk itu gunakan sabun pembersih muka dengan formula yang lembut. Pilih yang fungsinya membersihkan sekaligus melembapkan.

Aplikasikan pelembap

Jenggot Tebal Bikin Wajah Berantakan? Siapa Bilang?! | Breaktime
Jangan lupa gunakan pelembap

Seperti rambut, jenggot dan kumis serta kulit di bawahnya juga butuh kelembapan. Jenggot dan area kulit di sekitarnya cenderung rentan terhadap kekeringan dan rasa gatal. Pakailah pelembap atau minyak khusus untuk rambut di wajah yang mengandung minyak argan atau jojoba. Kedua jenis minyak ini tidak membuat jenggot dan kumis serta kulit di sekitarnya menjadi berminyak.

Yang terakhir adalah jaga kebersihan mulut. Rambut di sekitar mulut rentan terkena bakteri maupun kuman. Maka dari itu, sangat penting menjaga kebersihan di area mulut. Gosok gigi dua kali sehari, berkumur setelah makan dan rajin-rajinlah merapikan rambut di area tersebut.

Share This Article