Jangan Biarkan Wajah Berminyak Ganggu Penampilan | Breaktime
Jangan Biarkan Wajah Berminyak Ganggu Penampilan
28.09.2015

Penampilan bagi pria adalah hal paling terpenting. Jika wajah terlihat oily pastinya dapat menggangu penampilan. Polusi dan debu di jalanan juga akan menempel pada area wajah. Segarkan wajah dengan cara mudah berikut untuk menghindari datangnya kulit berminyak yang membandel:

Cuci muka dengan air hangat

Gunakan air hangat saat cuci muka untuk membuka pori-pori
Gunakan air hangat saat cuci muka untuk membuka pori-pori

Jangan malas untuk membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari. Dimulai dari pagi, usai melakukan aktivitas harian hari hingga malam sebelum tidur.  Pilih pembersih muka yang cocok dengan jenis kulit dan produk perawatan yang bebas minyak . Rajin mencuci muka akan membuat wajah bersih, sel-sel kulit mati tidak akan menumpuk.  Membersihkan wajah dapat membantu mencegahnya gangguan kulit lain di wajah Anda seperti jerawat hingga komedo

Baca Juga : 3 Gaya Penataan Rambut Ringkas Untuk Pria Kantoran

Perhatikan faktor pemicu minyak wajah

Kurangi waktu tidur Anda yang serba instant, perbanyak olahraga untuk menjaga sehatnya wajah.
Kurangi waktu tidur Anda yang serba instant, perbanyak olahraga untuk menjaga sehatnya wajah.

 

Ternyata, stres juga bisa membuat kulit wajah menjadi berminyak dan menimbulkan jerawat. Saat stres, kulit cenderung memproduksi lebih banyak sebum dan kulit mati. Jika sebum bercampur dengan kotoran, debu hingga keringat akan menyumbat pori-pori maka mulai terbentuknya jerawat. Mulai perbaiki dari awal, lakukan kegiatan yang bersifat refreshing dan dapat me-recharge tubuh kembali.  Perbanyak melakukan kegiatan yang mengasyikkan seperti olahraga yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jangan absen gunakan krim wajah

Gunakan krim wajah yang mengandung pelembap dan SPF sebelum beraktivitas
Gunakan krim wajah yang mengandung pelembap dan SPF sebelum beraktivitas

Jika Anda pekerja kantoran yang banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-AC, pasti akan mengalami masalah kelembapan kulit. Gunakan moisturizer untuk menjaga kondisi kulit sekaligus memberi efek menyegarkan. Namun jika Anda banyak bekerja di luar ruangan dengan terik mentari yang bersinar, gunakan krim pelindung wajah yang mengandung sunblock atau sun-protection.

Makanan juga berpengaruh pada kesehatan kondisi wajah. Perbanyak nutrisi asupan gizi yang mengandung protein, vitamin A dan E yang banyak pada sayuran hingga buah-buahan. Kurangi rokok dan perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

Perikasakan jerawat yang parah

Lakukan pemeriksaan jika jerawat bertambah parah
Lakukan pemeriksaan jika jerawat bertambah parah

Saat wajah menunjukkan kondisi yang tidak baik  hal ini dikarenakan kulit memproduksi minyak yang berlebih. Ini tidak baik karena merupakan tempat berkembangnya bakteri. Saat area wajah berminyak  biasanya kulit terasa tebal, pori-pori terlihat jelas, dan tekstur kulit cenderung kasar.  Ada beberapa masalah yang sering dihadapi para pemilik kulit berminyak, mulai dari dari jerawat, komedo hingga flek hitam.

Yuk, lakukan hal mudah tersebut dan kulit B’timers akan berterimakasih karena terjaga kelembapannya dan terhindar dari minyak berlebih. (avp)

Share This Article