Ini Fashion Pria Paling Konyol Sepanjang Sejarah | Breaktime
Ini Fashion Pria Paling Konyol Sepanjang Sejarah!
07.02.2017

Meskipun gaya fashion pria sudah bisa ditebak dan itu-itu saja, pada kenyataannya fashion pria juga memiliki sejarah yang panjang. Bahkan kalau bisa dibilang, pria jaman dahulu lebih peduli terhadap mode daripada pria sekarang. Kalau pria jaman sekarang lebih simple dengan setelan T-shirt, jeans, dan sneakers untuk penampilan mereka sehari-hari. Benar, kan B’timers?

Tetapi, saat ini banyak juga pria yang mulai bisa mix & match baju-baju mereka lebih stylish dan nggak boring. Meski saat ini kita melihat model baju dan fashion trend pria tidak ribet, jaman dahulu justru sebaliknya, B’timers. Yup, Breaktime berhasil merangkum tren fashion pria yang paling aneh dan konyol. Anda mungkin sedikit tidak percaya. Kira-kira apa saja ya tren gila pria yang pernah ada sepanjang sejarah?

Tren pertama yang sempat digunakan oleh pria adalah bombasting. Di era Elizabeth tak hanya wanita yang menggunakan gaun dengan lengan besar, pria juga harus menggunakan pakaian dengan bagian lengan yang besar. Tetapi tidak hanya bagian lengan yang dibuat besar, bagian perut juga terlihat besar. Ini sebagai simbol kemakmuran pada masa itu, lho B’timers.

Ini Fashion Pria Paling Konyol Sepanjang Sejarah | Breaktime
Bombasting yang dipakai pria sebagai lambang kemakmuran

Selanjutnya terjadi pada abad pertengahan. Pada masa itu, wig atau rambut palsu jadi tren pria yang paling hits. Tren tersebut diawali sejak Louis XIV mulai memakai wig tersebut. Pada dasarnya, wig digunakan untuk menutupi baud an kebotakan yang diakibatkan dari penyakit sifilis. Wig dengan aroma lavender dan jeruk jadi favorit para pria pada masa itu.

Bahkan macaroni juga jadi tren di pertengahan abad 1700-an. Eits, tapi jangan pernah B’timers membayangkan tentang masakan lezat yang membuat lapar. Remember that we talk about history of fashion. Anda tahu film Yankee Doodle Dandy? Dalam naskah sempat menyebut topi sebagai macaroni. Ini karena mengacu pada pria-pria Perancis pada tahun 1750.

Macaroni fashion ini merupakan wig besar dengan topi kecil satau bulu di bagian atasnya. Selain itu, para pemilik macaroni ini juga menggunakan outfit dengan rompi mencolok, stocking dengan warna-warna terang, dan sepatu melengkung mewah a la pria pada tahun tersebut. That’s really unique.

Ini Fashion Pria Paling Konyol Sepanjang Sejarah | Breaktime
Macaroni fashion yang hits di tahun 1700-an

Ada juga tren fashion di abad 17 sampai 18 yang cukup aneh. Pada masa itu, para pria mempercayai bahwa ketampanan mereka diukur dari bentuk betis yang padat dan berisi. Oleh karena alasan tersebut, para pria berlomba untuk membuat betis buatan yang terbuat dari busa. Untuk memakainya juga nggak sulit, sih. Cukup dengan memasukkan busa ke dalam kaos kaki.

Kalau high heels bagaimana, B’timers? Memang tidak masuk akal sih kalau pria pakai high heels. Tetapi, pada kenyataannya merekalah yang pertama kali memperkenalkan high heels. Sepatu jenis ini booming pada abad ke-16. Sepatu ini dulu dipakai oleh para prajurit Persia.

Namun pada abad ke-17, sepatu high heels semakin populer dan digunakan pria untuk aktivitas mereka sehari-hari. Memasuki abad ke-18, pada masa kekuasaan Raja Louis XIV, high heels dijadikan simbol yang dekat dengan kekuasaan raja. High heels pada masa Louis XIV memiliki cirri-cirinya masing-masing, sesuai dengan status sosial masyarakat saat itu.

Ini Fashion Pria Paling Konyol Sepanjang Sejarah | Breaktime
Codpieces sempat jadi gaya favorit pria tahun 1400-an

Tren fashion yang terakhir adalah codpieces. Ini adalah sebuah benda kurva yang mirip seperti celana pelindung sehabis khitan. Ini memang cukup nyeleneh yang justru booming di tahun 1400-an. Tepatnya pada masa pemerintahan Henry VIII.

Fungsi dari codpieces sendiri adalah untuk membuat penis pria terlihat lebih besar dan mampu meningkatkan rasa percaya diri pria pada masa itu. Namun, ada juga yang menganggap bahwa codpieces ini juga berfungsi untuk menyembunyikan sifilis yang menjadi wabah berbahaya di era tersebut.

Mungkin, B’timers langsung bersyukur dengan tren fashion di era saat ini, karena lebih simple dan tidak seribet pada masa pemerintahan raja-raja. Selain ribet, aneh dan bikin malu juga sih, ya? (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE