Mode Fashion Ikat Pinggang untuk Segala Suasana | Breaktime
Ikat Pinggang untuk Segala Suasana
14.03.2015

Sebagian besar dari Anda pasti memiliki setidaknya satu buah belt dalam lemari pakaian. Ikat pinggang memang merupakan salah satu aksesori wajib untuk pria. Masalahnya, tidak semua model ikat pinggang bisa Anda pakai pada semua jenis acara. Supaya tidak “saltum”. simak dulu “aturan main” pemakaian belt di bawah ini:

Acara Formal

Mode Fashion Ikat Pinggang untuk Segala Suasana | Breaktime
Belt kulit hitam untuk kesan formal

Ikat pinggang klasik dari bahan kulit merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin bergaya formal. Pilih warna hitam atau cokelat gelap agar mudah dipadukan dengan busana warna dan motif apa pun. Bahan kulit mengilap bisa memberi kesan elegan dan ‘mahal’. Jika B’timers ingin menambahkan sedikit sentuhan modern pada formal look Anda, coba kenakan ikat pinggang dengan bahan kulit yang bertekstur.

Acara Kasual

Mode Fashion Ikat Pinggang untuk Segala Suasana | Breaktime
Pilih yang bermotif untuk acara kasual

Untuk acara kasual, tentu saja Anda lebih bebas bermain dalam pemilihan model mau pun warna. Untuk tampil kasual tapi tetap chic, Anda bisa memilih belt kulit dengan model anyaman. Anda yang ingin terlihat trendi dan fun, aksen print pada material strap, serta buckle berdesain unik adalah pilihan yang tepat. Anda juga lebih bebas dalam memilih bahan belt, seperti kulit, kanvas, atau kain.

Penting untuk diingat!

Mode Fashion Ikat Pinggang untuk Segala Suasana | Breaktime
Ikat pinggang serasi dengan sepatu lebih enak dan nyaman untuk dilihat
  • Sesuaikan warna ikat pinggang dengan warna sepatu yang Anda kenakan. Jika Anda memutuskan untuk memakai sepatu kulit dengan warna hitam mengilat, sebaiknya kenakan juga belt kulit dengan warna hitam mengilat.
  • Pilih ikat pinggang dengan ukuran satu tingkat lebih besar dari ukuran celana. “Kelebihan” tali belt akan terlihat pas, tidak terlalu pendek atau pun terlalu panjang hingga harus melingkar beberapa kali pada pinggang dan menimbulkan kesan bulky.
  • Jika Anda memiliki belt dari bahan kulit, selalu simpan dengan cara menggantungnya di tempat yang tidak terekspos sinar matahari secara langsung untuk menjaga bentuk dan kualitas kulitnya. Lakukan juga perawatan secara berkala seperti menyemirnya menggunakan semir transparan khusus untuk bahan kulit.
  • Ikat pinggang dibuat untuk celana yang memang memiliki tempat dan loop pada bagian pinggang. Jadi, jangan sekali-kali mengenakan ikat pinggang pada celana yang tidak memiliki lubang ikat pinggang. Sebagai gantinya, Anda bisa mengenakan suspender.
  • Pilih ikat pinggang dengan buckle berukuran medium, atau sedikit lebih besar dari lebar tali belt. Hindari belt dengan buckle superbesar.

Tidak hanya sekadar berfungsi untuk ‘menahan’ celana yang agak longgar, belt juga bisa membuat Anda tampil lebih gaya. Karena itu, jangan “asal” lagi dalam memilih belt ya, B’timers!

Share This Article