Ikat Pinggang, Bukan Hanya Penahan Celana Semata | Breaktime
Ikat Pinggang, Bukan Hanya Penahan Celana Semata
11.09.2015

Ikat pinggang alias sabuk memiliki fungsi dasar untuk menahan atau mengikat celana yang cenderung terlalu ‘besar’. Tapi ketika celana memiliki ukuran yang pas dengan tubuh, Anda pun tetap bisa memakainya, karena ikat pinggang ini juga merupakan detail bisa dijadikan aksesorie. Kencangkan ikat pinggang Anda, dan simak ulasan dari Breaktime tentang tips dan trik memilih ikat pinggang yang tepat:

Pilih warna yang tepat

Warna yang salah bisa merusak penampilan Anda
Warna yang salah bisa merusak penampilan Anda

Memilih warna pada ikat pinggang memang susah-susah gampang, tapi yang paling aman adalah memilih sesuai warna sepatu. Misalnya jika Anda mengenakan sepatu berwarna cokelat, maka pilihan yang tepat dan stylish untuk padu-padan ini adalah ikat pinggang yang juga bernuansa cokelat. Dan tentu saja warna hitam wajib Anda miliki karena cocok dan aman digunakan dengan berbagai paduan.

Perhatikan detail

Detail sabuk menentukan gaya Anda
Detail sabuk menentukan gaya Anda

Coba tentukan aksesorie apa yang hendak Anda kenakan hari ini dan sesuaikan dengan kepala sabuk Anda. Misalnya Anda akan memakai gelang-gelang berbahan perak, maka pilih kepala gesper berbahan perak pula. Hindari memilih kepala ikat pinggang dengan warna hitam terlebih lagi warna emas.

Sesuaikan dengan bahan celana

Pemilihan sabuk juga harus melihat bahan celana yang dipakai
Pemilihan sabuk juga harus melihat bahan celana yang dipakai

Saat ada pertemuan formal dan Anda mengenakan setelan jas serta celana bahan, sebaiknya pilih ikat pinggang dengan lebar sekitar 3 cm untuk memberi kesan elegan. Namun hindari pemakaian ikat pinggang yang terlalu fancy dan berkesan ‘berkilau’. 

Hindari memilih ikat pinggang yang terlalu pendek karena akan membuat Anda terlihat gemuk. Hindari juga menggunakan celana yang kebesaran dan anda mengikatnya dengan sabuk hingga bentuknya berlipat-lipat.

Pilih Bahan berkualitas

Bahan sabuk juga sangat menunjang gaya Anda
Bahan sabuk juga sangat menunjang gaya Anda

Bahan yang berkualitas memiliki peran penting dalam penampilan Anda. Selain menciptakan kesan elegan, bahan sabuk yang berkualitas juga akan lebih awet dikenakan. Nilon, kulit dan kanvas adalah bahan untuk ikat pinggang yang bisa Anda jadikan pilihan.

Pilih ikat pinggang sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian, hindari ‘memaksakan’ sesuatu yang tidak nyaman B’timers kenakan. Fasten your belt and be awesome, today!

Share This Article