Hormon Ini Ternyata Bisa Atasi Insomnia, Apa Ya? | Breaktime
Hormon Ini Ternyata Bisa Atasi Insomnia, Apa Ya?
30.07.2017

Tidur merupakan bentuk istirahat yang paling baik. Bila Anda terlalu sering melewatkan jam tidur Anda alias kerap tidur malam dengan waktu yang sebentar, maka metabolisme tubuh akan kesulitan untuk tetap seimbang. Hasilnya apa? Tubuh menjadi sakit semua di keesokan harinya. Anda pun menjadi tak fokus dan merasa mengantuk sehingga pekerjaan Anda tak bisa diselesaikan secara optimal. Jangankan kurang tidur, tidur tak berkualitas pun juga ternyata sama jeleknya lho, B’timers. Dalam artian lain, tidur yang kurang nyenyak dapat pula menyebabkan sistem imun menurun karena pada saat Anda tidur-lah tubuh meregenerasi sel-sel yang ada di dalamnya.

Hormon Ini Ternyata Bisa Atasi Insomnia, Apa Ya? | Breaktime
Buang jauh-jauh smartphone dari tangan bila hendak tidur nyenyak!

So, untuk mendapatkan kualitas tidur yang paling memuaskan, ternyata ada trik yang wajib untuk Anda tiru. Apa saja triknya? Number one, singkirkan smartphone Anda. Jangan coba-coba untuk bermain smartphone pada saat Anda sudah berbaring di tempat tidur, lho. Apalagi kalau posisi lampu kamar Anda sudah dimatikan. Tidakkah Anda sayang terhadap kesehatan mata Anda? Terus-terusan melakukan kebiasaan ini dalam jangka waktu lama bisa membuat Anda terserang penyakit baru yang bernama smartphone blindness! Hii, mengerikan deh!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Paling Mudah Menghilangkan Komedo di Hidung

Lalu apa hubungannya dengan kualitas tidur? Begini penjelasannya. Smartphone umumnya memberikan Anda notifikasi setiap Anda memainkannya. Entah itu notifikasi chat atau notifikasi media sosial, kesemuanya akan membuat Anda merasa senang secara psikologis. Level hormon dopamin dalam tubuh jadi meningkat, dan ini sebenarnya yang mencegah Anda untuk merasa mengantuk. Anda malah sebaliknya tetap terjaga walaupun Anda sudah tak memainkannya lagi. Proses agar menjadi terlelap pun menjadi lebih lama.

Dan sebenarnya ini bukan cuma berlaku pada device semacam smartphone saja, lho. Device dengan layar yang memancarkan cahaya seperti komputer, tablet, dan televisi juga memaparkan efek yang sama pada tubuh Anda. Hanya saja kasusnya sekarang bukanlah produksi hormon dopamin dalam tubuh melainkan berkurangnya produksi hormon melatonin. 

Hormon Ini Ternyata Bisa Atasi Insomnia, Apa Ya? | Breaktime
Matikan TV kalau ingin mendapat tidur yang berkualitas

Waduh, hormon apa lagi tuh? Jadi hormon melatonin adalah hormon yang berperan penting membuat kita mengantuk. Nah, hormon ini akan lebih mudah diproduksi apabila Anda berada dalam ruang berkeadaan gelap. Ini merupakan hasil dari kebiasaan tubuh manusia untuk merespon siklus harian matahari. Ketika mata merespon cahaya, Ia akan menerimanya sebagai tanda bahwa hari seakan masih siang— sekecil apapun bentuk cahaya itu. Apa yang terjadi? Tubuh jadi sulit untuk merasa ngantuk, deh— sekalipun Ia cuma terekspos cahaya dari TV atau komputer Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tebak Gimana Kepribadian Cowok Retro Di Sini!

Tips ketiga, hindari konsumsi kopi dan makanan berat sebelum tidur. Kopi, seperti yang kita semua ketahui, mengandung kafein yang malah akan membuat mata Anda melek sepanjang malam. Sedangkan menurut seorang sleep expert, Dave Gibson dikatakan bahwa menyatap makanan berat tepat sebelum tidur akan memblokir produksi melatonin secara signifikan. Makanan berat tersebut termasuk makanan sejenis telur, unggas dan keju-kejuan.  

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tak Lagi Galau Dengan Cara Melupakan Mantan Ini!

Nah, kalau memang Anda sudah kepepet merasa kelaparan saat sebelum tidur, baiknya Anda mengonsumsi quinoa atau nasi merah saja. Sebagai lauknya, pilih bahan makanan berserat seperti sayur-sayuran. Memang sih dia tak senikmat makanan berat yang tadi telah disebutkan. Namun setidaknya Anda tak akan merasa capek saat terbangun di esok pagi. Pasalnya, makanan berat memicu tubuh untuk bekerja keras di malam hari guna mencerna makanan tersebut. Padahal seharusnya seluruh tubuh harus dalam posisi beristirahat lho saat Anda sedang tertidur lelap. (kps)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE