Hii, Bau Kaki Bikin Frustrasi. Yuk, Atasi! | Breaktime
Hii, Bau Kaki Bikin Frustrasi. Yuk, Atasi!
17.09.2015

Tidak hanya wanita, problema bau kaki juga menyerang kaum Adam. Tidak mau kan, rasa percaya diri sirna jika tercium aroma tak sedap yang berasal dari kaki Anda? Hal seperti ini bisa membuat orang malas berada di dekat kita. Masalah bau kaki sama saja dengan urusan bau badan. Keluarnya keringat adalah hal yang normal terjadi dan tidak menimbulkan bau tak sedap. Namun pertemuan antara keringat dan bakteri serta kotoran menghasilkan aroma tak sedap. Atasi dengan beberapa langkah mudah agar kaki terhindar dari bau kaki:

Bersihkan kaki

Jaga kebersihan area kaki secara rutin
Jaga kebersihan area kaki secara rutin

Jangan malas untuk menjaga kebersihan area kaki agar terhindar dari problema bakteri, jamur yang menempel, hingga kapalan yang mengganggu.  Seminggu sekali pastikan untuk membersihkan kaki dengan menggunting kuku jari. Saat mandi, bersihkan kaki dengan sabun hingga sela-sela jari-jemari. Gosok perlahan dan keringkan dengan handuk.

Sama seperti wanita, kaum pria juga dianjurkan menggunakan lotion khusus badan dan kaki.  Selain itu, pastikan selalu tersedia foot spray dalam rak lemari sepatu. Semprotkan terlebih dahulu pada kaki sebelum memakai sepatu.  Foot spray ampuh menyegarkan kaki sekaligus membunuh bakteri penyebab aroma tak sedap.

Ganti kaus kaki secara rutin

Kaos kaki yang bersih dan nyaman untuk dikenakan sehari-hari
Kaos kaki yang bersih dan nyaman untuk dikenakan sehari-hari

Untuk tampilan profesional, Anda pasti mengenakan sepatu pantofel saat ke kantor. Sedangkan untuk bergaya kasual, sepatu sneaker menjadi pilihan. Nah, padanan kaos kaki menjadi hal mutlak yang wajib dikenakan sehari-hari. Rajin mengganti kaos kaki yang dikenakan tiap harinya perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan area kaki. Cuci bersih kaos kaki dan pisahkan saat mencuci agar kebersihannya terjaga dengan maksimal.

Baca juga: KETIKA KAKI TAK TERAWAT JADI PENGGANGGU, IKUTI 5 LANGKAH INI

Jaga kondisi sepatu

Pastikan untuk menjaga kebersihan sepatu andalan
Pastikan untuk menjaga kebersihan sepatu andalan

Setelah beraktivitas, jaga kebersihan sepatu kesayangan. Rutin mengangin-anginkan sepatu bisa mengusir aroma yang tidak sedap. Simpan sepatu dalam rak sepatu khusus dan taburkan beberapa silica gel. Selain itu, masukkan bubuk kopi dalam wadah khusus yang dapat menetralisir bau tidak sedap. Letakkan di sekitar rak sepatu.

Hal terpenting yang wajib diingat adalah jangan memakai sepatu dalam keadaan kaki masih basah. Ini dapat menyebabkan bakteri dan jamur yang timbul karena pengapnya area lembap dari dalam sepatu. Keringkan dahulu kaki Anda dengan tisu atau handuk. Tidak mau kan, kesehatan kaki menjadi bermasalah dengan adanya mata ikan yang berbahaya pada kaki? Ayo selalu jaga mulai sekarang tidak bau kaki lagi!

Share This Article