Gentleman, Jangan Biarkan Kulit Anda Dehidrasi | Breaktime
Gentleman, Jangan Biarkan Kulit Anda Dehidrasi
10.10.2015

Padatnya aktivitas harian sering membuat seseorang lupa mengonsumsi air putih. Hal ini membuat dehidrasi dan bisa dibilang tidak akan baik untuk kondisi rambut, kulit hingga seluruh badan. Yuk, kenali bagaimana efek dehidrasi dan cegah lebih dalam gejala dehidrasi yang akan menyerang kulit wajah dan tubuh:

Rambut kering

Gentleman, Jangan Biarkan Kulit Anda Dehidrasi | Breaktime
Jangan biarkan dehidrasi membuat rambut lebih banyak rontok dan kering.

Kurangnya air putih sebagai nutrisi alami dalam tubuh akan membuat rambut menjadi kering. Ini belum ditambah faktor lain seperti paparan sinar mentari. Tidak hanya kekurangan cairan dalam tubuh, terkena sinar matahari secara langsung dan dalam waktu minimal 15 menit saja kulit bisa mengalami dehidrasi.  Paparan matahari pada waktu yang lama mengakibatkan dehidrasi pada rambut sehingga menjadi kering, rapuh, dan mudah rontok. 

Kulit kering

Gentleman, Jangan Biarkan Kulit Anda Dehidrasi | Breaktime
Dehidrasi dapat menyebabkan masalah penting bagi kulit pria

Kurangnya mengonsumsi air putih juga membuat kulit akan terasa kering, terlebih lagi jika Anda banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-AC. Demikian pula bagi Anda yang bekerja di depan layar komputer dalam waktu cukup lama. Saat di depan monitor, otomatis kedipan mata berkurang dan mengakibatkan iritasi.

Mata lelah

Tanpa kita sadari, dehidrasi berpengaruh juga di area sekitar mata. Selain mata lelah dan timbulnya mata panda, keriput juga akan datang. Kulit seputar area mata memiliki lapisan yang sangat tipis dan mengandung sedikit kelenjar minyak. Munculnya keriput karena rentannya wajah kurangnya konsumsi air. Selain wajah terlihat tidak segar, wajah jadi terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Gentleman, Jangan Biarkan Kulit Anda Dehidrasi | Breaktime
Konsumsi air putih dan buah-buahan
Gentleman, Jangan Biarkan Kulit Anda Dehidrasi | Breaktime
Buah-buahan yang mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk kulit dan rambut pria.

Secara umum, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menghidrasi kulit, misalnya:

  • Kenakan topi apabila memang harus berada di bawah sinar matahari. Selalu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih 2 liter sehari, makanlah sayur dan buah yang memiliki kadar air tinggi. Olahraga juga membantu menjaga tubuh tetap bugar.
  • Apliaksikan pelembap kulit dengan kadar air tinggi yang efektif melindungi kulit dari kekeringan dan kerut halus.

Bagaimana B’timers, siap tampil lebih prima dengan menjaga kelembapan kulit?

Share This Article