Trend Fashion Memakai Kemeja Agar Fashionable | Breaktime
Cara Tepat Pakai Kemeja
15.03.2015

Kemeja adalah satu fashion item wajib yang ada di dalam setiap lemari pakaian pria. B’tiemrs salah besar jika menganggap remeh cara berbusana dengan kemeja. Banyak yang harus Anda perhatikan seperti detail kerah, lengan,motif, hingga cutting keseluruhan agar Anda terlihat sempurna dalam balutan kemeja!

Ukuran

Pemilik tubuh besar cenderung memilih kemeja berukuran longgar dengan asumsi bahwa si kemeja akan menyembunyikan “kelebihan” tersebut. Stop that! Itu hanya akan membuat penampilan terlihat bulky dan bahkan membuat Anda terlihat semakin “menggelembung”. Anda justru bisa “memangkas” lemak dengan mengenakan kemeja berukuran pas. Tapi ingat, bukan yang ketat!

Lengan

Untuk mengetahui apakah lengan kemeja Anda “jatuh” di tempat yang semestinya, perhatikan bagian bahu. Bagian bahu harus melekat dengan pas “memeluk” bahu Anda, karena apabila terlalu sempit, tentunya akan menimbulkan masalah di bagian lengan. Perhatikan juga panjang lengan kemeja. Panjang yang ideal adalah jika bagian cuff jatuh tepat di pergelangan tangan.

Kerah

Dari sekian banyaknya model kerah kemeja, kemeja dengan jenis kerah semi-spread adalah kemeja yang wajib Anda miliki. Anda bisa memadukannya dengan berbagai jenis dasi slim maupun regular tie, ataupun memakainya tanpa dasi. Kerah jenis ini merupakan pilihan pas untuk terlihat rapi, “clean”, dan fashionable.

Leher

Meskipun tidak tertera di label pakaian, sebenarnya bagian leher kemeja juga memiliki ukuran sendiri. Jangan khawatir, Anda bisa mengeceknya sendiri dengan aturan “1 jari”. Caranya, kancingkan seluruh kancing kemeja, lalu masukkan satu jari tangan Anda di antara kerah dan leher. Jika bisa, berarti itulah kemeja yang ukuran lehernya pas untuk Anda. Sedangkan jika celah antara kerah dan leher cukup untuk 2 jari, itu berarti kemeja tersebut terlalu besar, begitu pun sebaliknya.

Motif

Sesuaikan motif kemeja dengan karakter pribadi, bentuk tubuh, dan pekerjaan Anda. Untuk tubuh besar, hindari kemeja dengan motif besar dan bold. Pilih kemeja dengan motif halus untuk “meringankan” tampilan Anda. Anda yang berkecimpung di dunia kerja yang “serius” bisa memilih motif pin stripe atau small-checks agar terlihat profesional. Sedangkan Anda yang berkecimpung di industri kreatif bisa lebih bebas bermain dengan motif.

Trend Fashion Memakai Kemeja Agar Fashionable | Breaktime
Pilih kemeja yang tidak terlalu ketat, namun juga tidak terlalu longgar.
Trend Fashion Memakai Kemeja Agar Fashionable | Breaktime
Wajib punya: kemeja dengan kerah semi-spread
Trend Fashion Memakai Kemeja Agar Fashionable | Breaktime
Kemeja dengan motif unik untuk pekerja kreatif
Trend Fashion Memakai Kemeja Agar Fashionable | Breaktime
Kemeja putih klasik yang versatile

Satu lagi tips dari Breaktime, miliki setidaknya satu buah kemeja putih klasik dengan bahan dan cutting kualitas prima. Sama sekali tidak ada salahnya untuk berinvestasi lebih dengan kemeja putih karena walaupun klasik, Anda tidak akan pernah “mati gaya” dengan yang satu ini. Kemeja putih bisa dipadupadankan dengan berbagai jenis busana, mulai dari celana bahan hingga denim, dengan jas resmi sampai jaket sport.

Share This Article