Mode Fashion Jas yang Sesuai Tubuh Anda | Breaktime
Bukan Jas Biasa
22.03.2015

Pernah mendengar kalimat yang mengatakan bahwa pria berjas ketampanannya akan naik beberapa persen? Ada benarnya juga, mengingat pria yang mengenakan jas akan terlihat lebih rapi, profesional, dressy dan well-groomed. Tapi hal tersebut tentunya tidak berlaku jika jas yang B’timers kenakan tidak pas dengan bentuk badan. Bukannya terlihat tampan, bisa-bisa Anda justru dikira korban mode. Jangan biarkan itu terjadi! Kenali bentuk tubuh Anda, then pick the right one.

  • Pria bertubuh atletis bisa memilih jas dengan cutting bahu agak besar (biasanya didapat pada jas buatan Italia) sehingga leluasa untuk bergerak. Kenakan model single-breasted berkancing dua dengan kelepak kerah lebar dan satu belahan pada bagian belakang.
  • Jika Anda bertubuh pendek, pilih jas single-breasted yang jatuhnya sedikit di bawah pinggul, dengan motif pinstripe. Padukan dengan kemeja dan dasi tipis agar terlihat lebih tinggi.
  • B’timers yang memiliki tubuh dengan garis bahu penuh dan menurun, sementara pinggang, perut dan pinggul besar, bisa memilih jas model single-breasted berwarna gelap. Saat dikenakan, buka kancing atas dan bawah untuk menyamarkan pinggul besar. Bentuk kerah juga perlu diperhatikan, pilih yang kelepaknya sedang.
  • Tubuh segitiga (bahu lebar tetapi pinggang dan pinggul kecil) akan terlihat gagah dengan jas double-breasted tanpa padding dan kelepak kerah yang lebar.
  • Anda memiliki tubuh extra large? Sebaiknya kenakan jas single-breasted warna gelap dan motif garis agar tubuh terlihat lebih tinggi yang otomatis “mengurangi” kesan gemuk.
  • Kenakan jas double-breasted yang berkancing tiga pada masing-masing sisi jika B’timers termasuk dalam tipe tubuh tinggi-kurus. Jika ingin mengenakan jas single-breasted berkancing tiga, buka kancing teratas dan terbawah agar Anda tidak terlihat “terbungkus”. 
  • Anda yang memiliki tubuh lurus/segi empat cocok mengenakan jas single-breasted maupun double-breasted dengan padding yang cukup tebal. Anda yang bertubuh langsing terlihat pas dengan model double-breasted, sedangkan single-breasted akan lebih sesuai jika tubuh Anda agak gemuk.

Setelah memilih model yang pas untuk bentuk tubuh, pastikan jas yang Anda pilih memiliki kualitas bahan yang baik dan jahitan yang rapi. Anda juga sebaiknya membuat jas di penjahit profesional agar jas yang dijahit khusus sesuai bentuk tubuh sehingga terlihat lebih fit dan personal

Mode Fashion Jas yang Sesuai Tubuh Anda | Breaktime
Jas single-breasted
Mode Fashion Jas yang Sesuai Tubuh Anda | Breaktime
Sesuaikan model jas dengan style pribadi

Share This Article