Hati - Hati Indahnya Tato Berubah Jadi Infeksi | Breaktime
B’timers, Jangan Biarkan Indahnya Tato Berubah Jadi Infeksi
12.11.2015

Banyak sekali orang-orang yang memutuskan untuk menato tubuhnya namun tidak mendapatkan perawatan yang tepat setelahnya. Padahal, di beberapa negara seperti halnya Alabama, Arkansas, Delaware, Louisiana, Massachusetts, Michigan, dan juga North Dakota telah memiliki peraturan yang sangat ketat dalam mengatur izin menggunakan tato dan perawatan setelahnya.

Kenapa harus hal sepele seperti halnya penggunaan tato harus diatur? Karena tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali pengguna tato yang terkena infeksi. Untuk menanggulangi itu semua, berdasarkan sebuah penelitian yang diunggah Journal of the American Medical Association (JAMA) Dermatology, sangat perlu sekali guideline yang digunakan untuk perawatan pasca penggunaan tato untuk mengurangi dampak buruknya.

Dr. Jared Jagdeo seorang dermatologis di University of California, Davis Health System di Sacramento menambahkan, pemberian instruksi yang tepat perawatan pasca penggunaan tato ini harus segera diatur secara global mengingat kenaikan korban infeksi semakin bertambah.

Perawatan saat pemakaian tato

Hati - Hati Indahnya Tato Berubah Jadi Infeksi | Breaktime
Pergunakan berbagai peralatan tato yang streril dan aman untuk para pemakainya

Untuk meminimalisir dampak buruk akibat menggunakan tato, ada hal-hal yang perlu untuk diperhatikan, berikut ini rinciannya:

  • Para tattoo artist menggunakan sarung tangan ketika mengaplikasikan tato ke tubuh
  • Para tattoo artist dilatih terlebih dahulu agar bisa menggunakan teknik yang bagus dan terlatih kemudian memiliki sertifikat
  • Penggunaaan alat-alat yang steril dan dengan surat izin yang memadai
  • Pemilihan tinta tattoo yang sesuai prosedur dan aman

Perawatan pasca menggunakan tato

Hati - Hati Indahnya Tato Berubah Jadi Infeksi | Breaktime
Akan bahaya sekali jika terkena infeksi tato, lakukan perawatan pasca tatoan yang benar

Sedangkan untuk perawatan setelah penggunaan tato, Dr. Jared Jagdeo memberikan beberapa tips yang cukup membantu dan meminimalisir terjadinya infeksi. Ketika perajahan tato sudah selesai, tutupi bagian tersbut dengan petroleum jelly tipis saja dan perban. Setelah sehari buka perban tersebut dan cuci menggunakan sabun serta air, kemudian keringkan menggunakan kain yang halus. Jangan sekali-kali menggaruk atau menggososk bagian yang ditato karena bisa menimbulkan luka dan lebih parahnya infeksi.

Setiap hari secara berkala, lapisi bagian yang ditato menggunakan petroleum jelly, cuci, dan keringkan seperti biasanya. Usahakan untuk menghindari penggunaan antibakteri. Proses penyembuhan setelah tato ini normalnya memakan waktu 2 sampai 4 minggu. Jadi, jika setelah pemakaian tato dan dilakukan perawatan tersebut kulit tetap saja mengalami iritasi atau infeksi segeral untuk memeriksakan diri agar bisa ditangani secepatnya. (ya)

Share This Article