Beri Perhatian Lebih Pada Sepatu Kulit Anda | Breaktime
Beri Perhatian Lebih Pada Si Sepatu Kulit
21.08.2015

Sepatu kulit merupakan salah satu item yang diperlukan oleh kebanyakan pria dewasa untuk mendukung penampilannya. Selaras dengan tampilannya yang mewah, para pria pun harus merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan sepatu ini.

Sayangnya, banyak pria yang tidak melakukan perawatan yang sepatutnya pada sepatu kulit mereka. Alhasil, budget yang sudah dikeluarkan menjadi tidak setara dengan umur sepatu.

Jika Anda berencana untuk memiliki sepatu kulit, maka ketahui juga cara merawatnya. Berikut Breaktime rangkum 5 langkah mudah yang bisa Anda lakukan supaya si sepatu kulit lebih awet:

Aplikasikan produk anti-air

Sebelum memakai sepatu Anda keluar rumah, pastikan bahwa Anda sudah melapisi bagian kulitnya dengan produk anti-air. Produk ini bisa membuat kulit sepatu bernapas sekaligus menjaga kelembabapannya.

Kelembapan memang bisa memengaruhi elastisitas kulit. Maka dari itu, maintenance pun harus dilakukan. Kelembaban yang berlebihan bisa membuat kulit meregang, sementara kurangnya kelembaban bisa menyebabkannya menyusut. Kedua hal ini bisa membuat kulit sepatu Anda kehilangan bentuk aslinya.

Beri Perhatian Lebih Pada Sepatu Kulit Anda
Gunakan produk anti-air dan semir sepatu untuk menjaga elastisitas kulitnya

Gunakan semir sepatu

Semir sepatu yang tepat akan menjaga kulit sepatu Anda tetap berkilau. Menyemir sepatu secara rutin juga memiliki beberapa manfaat seperti melindungi dan memperbaiki kulit dari kerusakan akibat pemakaian sehari-hari. Selain itu, menyemir sepatu juga bisa menutrisi dan melembabkan kulit, sehingga membuatnya tetap fleksibel dan kuat. 

Anda bisa memilih semir sepatu berbahan dasar krim untuk memaksimalkan hasilnya. Selanjutnya, bersihkanlah semir Anda dengan stoking untuk memperoleh kilau yang sempurna.

Letakkan shoe tree

Meletakkan shoe tree bisa membuat sepatu Anda bertahan lebih lama. Shoe tree yang mengisi ruang kosong di dalam sepatu ini juga bisa mempertahankan bentuk asli kulit dengan membantunya terhindar dari penyusutan.

Ada banyak pilihan shoe tree yang beredar di pasaran. Jika Anda berniat memilikinya, maka pilihlah shoe tree yang terbuat dari kayu pohon cemara. Kayu ini memiliki kemampuan untuk menyerap kelembaban yang berlebihan dan bau yang tak menyenangkan.

Rawat sol sepatu

Sepatu Anda akan bertahan lebih lama ketika memiliki sol yang terawat. Sama halnya dengan kulit sepatu, sol pun perlu dirawat. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan membawanya ke tukang sepatu untuk dipasangkan lapisan tambahan pada bagian depan dan belakang. Lapisan ini nantinya bertugas sebagai penyangga antara tumit dan tanah. Fungsinya adalah untuk meminimalisir kerusakan akibat goncangan dan mencegah pengikisan.

Beri Perhatian Lebih Pada Sepatu Kulit Anda
Selain kulit, solnya pun perlu dirawat

Ganti sol sepatu

Ketika sol sepatu sudah menipis, saat itulah Anda perlu menggantinya. Bagian atas sepatu memang bisa bertahan sampai puluhan tahun, namun hal ini tidak berlaku untuk bagian bawahnya. Sol sepatu biasanya hanya bisa bertahan sekitar lima tahun. Ketika sol sepatu sudah terasa tidak nyaman, gantilah segera solnya.

Sepatu kulit merupakan salah satu investasi yang perlu dijaga penampilannya. Dengan menerapkan perawatan sederhana di atas, kini B’timers tak perlu mengeluarkan budget lebih dalam waktu yang singkat hanya untuk membeli sepatu baru.

Share This Article