Bercukur Cara Sempurna | Breaktime
Bercukur Cara Sempurna
23.03.2015

Bercukur secara rutin akan membuat kulit wajah B’timers terlihat bersih dan glowing. Meskipun terlihat mudah, bercukur pun tidak bisa dilakukan asal. Luangkan sedikit lagi waktu Anda, dan ini dia caranya!

Sebelum bercukur

Bercukur Cara Sempurna | Breaktime
Eksfoliasi penting untuk membuka pori-pori

Idealnya, mandilah terlebih dahulu sebelum bercukur. Gunakan scrub wajah dan air hangat untuk membuka pori-pori Anda agar lebih memudahkan proses shaving. Anda juga bisa menutup wajah beberapa menit dengan handuk hangat. Agar nantinya lebih rapi, gunakan juga shaving oil untuk melembutkan rambut-rambut dan membuka pori-pori di area wajah. Pilih yang berbahan dasar alami seperti minyak kelapa, zaitun, atau biji bunga matahari. Minyak nabati cenderung lembut dan tidak menyumbat pori. Oleskan secara merata dan pijat lembut pada area yang akan Anda cukur.

Saat bercukur

Bercukur Cara Sempurna | Breaktime
Pilih alat cukur yang nyaman dengan hasil maksimal

Gunakan busa yang akan memudahkan Anda bercukur. Anda bisa memilih antara shaving cream atau shaving foam, dan sebaiknya hindari shaving soap yang beresiko membuat kulit kering. Jenis cream atau foam sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melembutkan rambut sekaligus pelumas kulit, hanya substansinya yang sedikit berbeda: foam mengandung lebih banyak udara dan disimpan dalam kaleng, sedangkan krim mengandung lebih sedikit udara dan dikemas dalam bentuk tube. Pijat ringan pada wajah untuk hasil yang maksimal.

Yang paling penting, pilih alat cukur berkualitas baik. Anda bisa memilih antara jenis elektrik atau manual. Jenis elektrik membuat resiko iritasi kulit lebih rendah, tapi alat ini tidak mampu memangkas rambut hingga ke lapisan dalam. Sebaliknya, alat cukur manual meskipun bisa memberi hasil cukuran yang lebih rapi dan bersih, tapi resiko iritasi cenderung lebih besar.

Setelah bercukur

Bercukur Cara Sempurna | Breaktime
caption Basuh wajah dengan air hingga bersih setelah bercukur

Kulit B’timers iritasi atau kering setelah bercukur? Gunakan segera aftershave balm untuk melembapkan kulit, bahkan membantu proses penyembuhan apabila Anda tergores saat bercukur. Pilih yang memiliki kandungan vitamin C dan E, minyak nabati, pelembap dan aloe vera untuk kelembapan ekstra. Jika Anda termasuk pria berkulit sensitif yang justru alergi dengan produk aftershave, cukup cuci wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori, lalu oleskan pelembap seperti biasa.

Tidak bisa dipungkiri, pria yang well-groomed selalu terlihat memesona dan memikat banyak hati wanita. Salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah bercukur, karena itu lakukan dengan sabar dan telaten agar hasilnya maksimal, ya.

Share This Article