Beda Jenis Kain, Beda Cara Mencucinya, Lho! | Breaktime
Beda Jenis Kain, Beda Cara Mencucinya, Lho!
19.12.2015

B’timers yang merantau biasanya sedikit kebingungan kalau urusan mencuci baju. Alih-alih mencuci baju sendiri, Anda akan langsung memasukkan semua pakaian ke dalam mesin cuci atau membawanya ke binatu terdekat. Namun, tahukah B’timers bahwa kain yang berbeda memiliki perlakuan berbeda juga ketika dicuci, lho.

Kalau masalah kebersihan, mungkin semua pakaian akan tetap bersih tapi mencuci dengan perlakuan sama rata akan merusak kain dan menyebabkan masa hidup baju memendek. Makanya, B’timers harus baca ini dulu sebelum memulai mencuci pakaian!

     1. Denim

Beda Jenis Kain, Beda Cara Mencucinya, Lho! | Breaktime
‘Sahabat’ para pria ini harusnya jarang mandi

Denim salah satu basic item buat Anda kan? Untuk mencuci denim kalau bisa sejarang mungkin, lho. Pencucian denim yang terlalu sering akan menyebabkan warnanya menjadi pudar sehingga tidak bagus lagi ketika digunakan. Jika benar-benar sudah kotor sekali, cuci dengan air dingin dan detergen yang memiliki kandungan menjaga warna pakaian. Sebelum mencuci jangan lupa balik denim Anda sehingga bagian dalam berada di luar, hal ini untuk meminimalisir warna kain memudar. Kemudian jemur dengan cara diangin-anginkan.

     2. Sutra

Beda Jenis Kain, Beda Cara Mencucinya, Lho! | Breaktime
Cukup dicuci kering saja kalau yang satu ini

Sutra memiliki serat kain yang khusus sehingga sebaiknya jangan dicuci. Kalau B’timers memiliki pakaian berbahan sutra sebaiknya cukup diangin-angkinkan untuk mengurangi bau badan yang menempel di pakaian. Jika benar-benar terpaksa mencuci gunakan air hangat dan detergen sedikit. Hindari merendam, merebus, memberi pemutih, dan memeras pakaian sutra Anda. Jemur dengan angin dan setrika dengan suhu rendah saja.

     3. Kain Kulit

Beda Jenis Kain, Beda Cara Mencucinya, Lho! | Breaktime
Kain dari kulit memang keras dan susah dicuci

Kain dari kulit menjadi favorit tersendiri bagi para pria. Susah susah gampang mencucinya. Karena teksturnya yang keras, sebaiknya jika terkena noda cukup gosok-gosok area noda dengan kain yang telah dibasahi. Hindari menggosok terlalu kasar karena bisa merusak kainnya. Gunakan juga stain remover yang aman untuk kain kulit Anda dan perhatikan cara memakainya.

     4. Suede 

Beda Jenis Kain, Beda Cara Mencucinya, Lho! | Breaktime
Satu level dibawah Kain Kulit, Tetap jadi Favorit Pria

Untuk membersihkan noda pada kain suede, Anda cukup menggosok-gosokkan Suede Brush ke area yang terkena noda. Gosok-gosokkan secara perlahan. Jika cara ini tidak berhasil lebih baik hentikan, ya! Lebih baik Anda meminta bantuan ke binatu yang sudah professional membersihkan jenis kain ini.

     5. Wool dan Chasmere

Beda Jenis Kain, Beda Cara Mencucinya, Lho! | Breaktime
Salah satu kain yang berhasil membantu Anda tetap hangat

Wool dan cashmere memiliki tekstur yang berbeda, namun cara mencuciya hampir sama yaitu dengan menggunakan tangan. Hindari penggunaan mesin cuci karena bisa membuat benangnya sobek. Gunakan air suam-suam kuku dalam mencuci. Untuk wool lebih baik jangan digantung, namun ditidurkan diantara dua handuk kering.

Sudah siap untuk mencuci sendiri pakaian Anda, kan? (ft)

Share This Article