Cara Pintar Menjaga dan Merawat Aneka Aksesori | Breaktime
Beda Bahan Aksesori, Beda Cara Merawatnya!
08.07.2015

Pria saat ini pun identik dengan aksesori, seperti jam tangan, gelang, kalung, dan cincin. Sayangnya, kadang berbagai aksesori ini luput dari perawatan sehingga jadi kurang awet. Agar aneka aksesori B’timers tetap terjaga, yuk simak cara merawatnya berikut ini:

Aksesori bahan kayu

Bersihkan selalu untuk menghindari jamur
Bersihkan selalu untuk menghindari jamur

Cara merawat aksesori bahan kayu cenderung mudah. Cukup bersihkan dengan kain lembut, pastikan tidak ada keringat atau ada sisa kotoran yang tertinggal. Minyak atau kotoran yang tertinggal ini akan memicu munculnya jamur. Setelah itu, sebaiknya Anda masukkan ke dalam kantong plastik bening. 

Aksesori bahan logam

Rawat aksesori logam dengan pembersih khusus
Rawat aksesori logam dengan pembersih khusus

Anda bisa menggunakan pembersih dan lap khusus untuk merawat aksesori berbahan logam. Namun, selalu pastikan bahwa pembersih yang Anda pilih benar-benar sesuai dengan bahan aksesorinya. Karena ada beberapa bahan aksesori yang bisa merubah warna menjadi kehitaman jika terkena bahan kimia tertentu. Setelah dibersihkan, tempatkan aksesori pada kantong khusus dan pastikan sirkulasi udaranya terjaga dengan baik. 

Aksesori berbahan kulit

Bahan kulit butuh perawatan khusus
Bahan kulit butuh perawatan khusus

Jenis aksesori ini, agak berbeda dengan bahan lain. Untuk membersihkannya, cukup diangin-anginkan dan simpan di dalam rak yang kering, lalu pisahkan berdasarkan jenisnya.

Yang terpenting, bersihkan aksesori secara rutin supaya tak ada kotoran yang menumpuk dan meninggalkan bekas.

Share This Article