6 Trik Mudah yang Bikin Sepatu Awet | Breaktime
6 Trik Mudah yang Bikin Sepatu Awet
19.10.2015

Saat ini, trend sneaker sedang banyak digandrungi tidak hanya oleh remaja, akan tetapi juga banyak orang dewasa. Sayangnya, walaupun memiliki sneaker original yang harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan, tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara perawatannya. Kalaupun harus melakukan perawatan, terkadang pemilik sneaker harus rela merogoh kocek lagi untuk membayar jasa laundry sepatu yang harganya masih tergolong tinggi. Itupun, B’timers harus menunggu beberapa hari sebelum mendapatkan sneaker Anda kembali bersih dan siap pakai sekali lagi.

Baca Juga : 7 LANGKAH MUDAH BERSIHKAN SEPATU PUTIH

Akan tetapi, B’timers dapat melakukan perawatan sendiri tanpa harus menyerahkannya ke tukang laundry sepatu. Bagaimana cara melakukannya? So, lets hack it!

Menjaga keawetan bahan kulit

6 Trik Mudah yang Bikin Sepatu Awet | Breaktime
‘Penyakit’ yang sering dialami sepatu berbahan dasar leather adalah retak atau pecah di bagian ujung kaki

Sepatu berbahan dasar kulit atau leather memang enak dikenakan dan gampang dibersihkan jika kotor. Akan tetapi untuk merawatnya, jangan sembarang, lho. Jika sembarang, maka material leather yang dimiliki sepatu akan pecah atau retak.

Untuk merawat sneaker jenis leather, B’timers dapat membersihkan bagian luarnya dengan menggunakan pasta gigi. Jangan gunakan detergen karena dapat merusak lapisan terluar. Setelah pasta gigi teroleskan, maka sikat perlahan dengan menggunakan sikat gigi untuk menyeka bekas-bekas kotoran atau noda yang menempel, kemudian usap menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi. Setelah itu, jangan dijemur di bawah terik matahari langsung, cukup diangin-anginkan saja.

Membersihkan bahan suede

6 Trik Mudah yang Bikin Sepatu Awet | Breaktime
Perawatan sneaker jenis suede lebih susah dibandingkan jenis leather

Jika sneaker berbahan suede milik Anda terkena lumpur atau sejenisnya yang mudah mengering, maka jangan langsung disiram dengan air kemudian disikat. Biarkan terlebih dahulu hingga kering. Setelah kering, tepuk-tepuk bagian yang ada nodanya tersebut hingga debu kotoran berjatuhan.

Setelah itu, B’timers dapat menggunakan sikat yang halus untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel. Akan tetapi jika ingin mencucinya, Anda dapat membeli cairan khusus pembersih leather yang sekarang ini sudah banyak dijual di pasaran. Sehabis dicuci, jangan dijemur di bawah sinar matahari dan hanya perlu diangin-anginkan saja.

Mengembalikan waran sepatu berjenis canvas seperti baru

6 Trik Mudah yang Bikin Sepatu Awet | Breaktime
Dulu sepatu canvas hanya didominasi oleh produk Chuck Taylor saja dan sekarang sudah banyak jenisnya

Sepatu jenis canvas memang merupakan sepatu yang nyaman digunakan ke mana pun. Akan tetapi, karena sering dikenakan dan terpapar debu, panas, angin, hujan dan sejenisnya, membuat warnanya tidak pekat lagi.

Untuk membuat warnanya kembali cerah dan pekat, Anda dapat mencuci sepatu tersebut terlebih dahulu. Cara pencuciannya pun tidak terlalu ribet, karena dapat dilakukan seperti saat B’timers mencuci baju menggunakan air dan detergen.

Agar sepatu tidak bau

6 Trik Mudah yang Bikin Sepatu Awet | Breaktime
Bau yang keluar dari sepatu tersebut berasal dari bakteri yang bercampur keringat di kaki

Jika sepatu sudah terlanjur bau dan tidak memiliki waktu untuk membersihkannya, B’timers dapat menghilangkan baunya dengan menggunakan bubuk kopi yang dibungkus plastik. Masukkan bubuk kopi tersebut ke dalam sepatu agar dapat menetralisir aroma yang tidak enak tersebut.

Membuat bentuk sepatu tidak aneh

6 Trik Mudah yang Bikin Sepatu Awet | Breaktime
Dengan berubahnya bentuk sepatu, maka membuat penggunanya tidak nyaman ketika mengenakannya

Agar bentuk sneaker tetap dalam kondisi awal dan tidak penyok ke kanan- kiri atau amblas ke bawah, masukkan banyak koran atau kertas bekas ke dalam sepatu saat tidak terpakai. Usahakan kertas-kertas tersebut benar-benar akan memadati dan memenuhi bagian dalam sepatu. Selain dapat membuat bentuk sepatu tetap terjaga, penggunaan kertas atau koran bekas ini juga dapat menghilangkan bau yang tertinggal dalam sepatu.

Merawat outsole

6 Trik Mudah yang Bikin Sepatu Awet | Breaktime
Banyak kejadian outsole mengeras sampai terlepas dari bagian atasnya

Selain membersihkan dari kotoran dan debu yang menempel setelah digunakan, agar outsole dapat terus awet terjaga, maka disarankan untuk memasukkannya ke dalam kotak khusus atau juga shoe bag. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kotak atau shoe bag tersebut. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan shower cap yang dapat digunakan untuk membungkus sepatu dari arah bawah ke atas. Hal ini berfungsi agar outsole tidak cepat aus dan mengeras.

Mudah kan, merawat sepatu kesayangan dengan trik-trik tersebut? Coba, ya!

Share This Article