5 Kesalahan Foto Yang Bikin Susah Dapat Kerja | Breaktime
5 Kesalahan Foto Yang Bikin Susah Dapat Kerja
12.02.2017

Saat ini, melamar kerja adalah hal yang sulit. Tak cukup satu atau dua kali melamar pekerjaan, Anda harus melamar berkali-kali untuk setiap perusahaan yang berbeda. Bahkan terkadang pekerjaan yang tidak B’timers inginkan justru memilih Anda. Bagaimana pun juga Anda harus terus berusaha saat melamar pekerjaan.

Di era digital seperti saat ini kebanyakan perusahaan menggunakan sistem online. Memang, sih, cara ini lebih efektif dan bisa menghemat kertas. Setiap perusahaan yang menggunakan sistem online akan memaksa Anda untuk membuat akun dalam website mereka. Tentu saja Anda juga akan diminta untuk memajang foto profil, kan?

Nah, tahukah B’timers kalau ternyata foto profil sangat berpengaruh untuk nasib apakah CV Anda diterima atau malah diabaikan. Yup, memang penampilan juga salah satu faktor yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Tetapi seringkali orang-orang melakukan kesalahan pada foto profil mereka. Kali ini Breaktime akan menjabarkan kesalahan apa saja yang dilakukan pria saat memasang foto profil untuk melamar pekerjaan.

5 Kesalahan Foto Yang Bikin Susah Dapat Kerja | Breaktime
Pilih foto profil yang paling baik untuk melamar kerja

Kesalahan pertama adalah Anda tidak mempunyai foto yang bagus. Pria seringkali terlalu apa adanya, sampai-sampai mereka lupa bahwa untuk mendapatkan pekerjaan harus menggunakan foto terbaik. Kalau pun Anda merasa terlalu mahal untuk membayar fotografer profesional, Anda bisa melakukannya sendiri. Namun, usahakan untuk mendapatkan hasil yang setidaknya mirip dengan hasil seorang profesional.

Busana yang dipakai juga harus Anda perhatikan jika ingin mendapatkan hasil foto yang baik. Setidaknya pakai kemeja yang rapi atau Anda bisa menambahkan dasi yang matching dengan outfit yang dipakai. Toh, untuk melamar pekerjaan hanya membutuhkan setengah badan bagian atas. Untuk bagian bawah terserah Anda ingin memakai apa, karena tidak akan masuk ke dalam foto. Kecuali sebuah perusahaan menginginkan foto full body.

Kesalahan yang paling umum terjadi adalah ekspresi. Kebanyakan orang terlalu kaku saat berfoto untuk keperluan melamar pekerjaan. Tetapi memberikan senyuman yang lebar juga terlihat dibuat-buat. Jadi yang paling pas adalah memberikan senyuman tipis dan cool. 

5 Kesalahan Foto Yang Bikin Susah Dapat Kerja | Breaktime
Foto juga menentukan agar perusahaan tertarik dengan Anda

Usahakan untuk memberikan foto profil terbaru Anda. Jangan terlalu malas untuk kembali berfoto, mengupgrade diri Anda yang baru. Hindari memakai foto yang sudah lama. Itu bukan hal yang menarik untuk perusahaan melirik lamaran Anda.

Pencahayaan dan background juga termasuk kriteria untuk foto profil Anda. Usahakan untuk mendapatkan cahaya terbaik dengan menggunakan cahaya alami atau lighting kamera. Ini akan sangat mempengaruhi penampilan Anda dalam foto. Background juga harus Anda perhatikan. Pakai saja background yang biasa digunakan orang-orang untuk foto profil melamar pekerjaan. Misalnya dengan background  warna-warna polos seperti merah, kuning, biru, atau putih.

Nah, kalau B’timers mengubah kebiasaan buruk memasang foto profil lamaran pekerjaan sebaiknya change your habit. Tidak susah menghasilkan foto dengan hasil terbaik jika Anda ingin segera mendapatkan pekerjaan. Good luck! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE